Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2020, 16:07 WIB
Nicholas Ryan Aditya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nusa Penida dikenal memiliki wisata pantai nan indah seperti Pantai Kelingking dan Broken Beach (Pasih Uug). Selain pantai, Nusa Penida juga memiliki hutan belantara yang masih asri.

Lalu bagaimana jika wisatawan merasakan sensasi menginap di tengah hutan tersebut?

Kini kamu bisa merasakannya dengan menginap di Autentik Nusa Penida, glamping resort baru di Nusa Penida.

Baca juga: Liburan Backpacker di Nusa Penida, Ini Kisaran Biayanya

Sehubungan dengan konsep glamping, Autentik Nusa Penida menawarkan tamu menginap di dalam tenda. Uniknya, tenda dibuat lebih modern dengan berbagai fasilitas seperti hotel berbintang.

Pemilik Autentik Nusa Penida, Celia mengatakan glamping resort ini baru dibuka untuk umum pada 18 Januari 2020.

Baca juga: Pecinta Cokelat? Rayakan Valentine di Situs Glamping Serba Cokelat

Interior fasilitas dalam tenda glamping resort Autentik Nusa Penida dengan fasilitas modern.Dokumentasi Autentik Nusa Penida Interior fasilitas dalam tenda glamping resort Autentik Nusa Penida dengan fasilitas modern.

Glamping resort ramah lingkungan

"Fasilitas yang ada yaitu water dispenser, AC, kipas, safety box, hot water shower, kopi, dan teh. Di luarnya ada tempat duduk sofa, kolam renang dengan mengambil tema kolam pantai. Tamu juga bisa sarapan," kata Celia ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (18/2/2020).

Ia menceritakan keunikan dari glamping resort miliknya terletak pada nuansa alam. Para tamu yang menginap di tenda dapat langsung berinteraksi dengan alam.

Hal tersebut terlihat dari pemandangan hutan belantara yang langsung terlihat di depan tenda.

Oleh karena memegang prinsip bersahabat dengan alam, glamping ini tidak menawarkan atau menyajikan makanan terbungkus plastik.

Pemandangan dari atas Autentik Nusa Penida.Dokumentasi Autentik Nusa Penida Pemandangan dari atas Autentik Nusa Penida.

"Kita memegang prinsip bersahabat dengan alam, tidak menawarkan atau menyajikan makanan terbungkus dari plastik. Intinya no plastic," ujarnya.

Penggunaan nama "Autentik" pada nama glamping resort ini juga memiliki makna tersendiri.

Nama tersebut muncul karena melihat suasana Nusa Penida yang masih berkembang dan alami.

"Seperti yang diketahui Nusa Penida pulau yang masih berkembang dan masih alami, lalu juga tidak terlalu ramai. Terlebih masih asri, makanya kita menggunakan nama Autentik. Kesannya mengacu ke obyek yang bersifat alami," lanjutnya.

Pemandangan dalam tenda glamping Autentik Nusa Penida.Dokumentasi Autentik Nusa Penida Pemandangan dalam tenda glamping Autentik Nusa Penida.

Selain menikmati pemandangan alam hutan belantara yang asri, tamu juga bisa melihat hewan-hewan khas hutan seperti kera, dan berbagai jenis burung liar di sekitaran tenda.

Harga menginap mulai dari Rp 1 juta

Tertarik menginap di tengah hutan eksotis Nusa Penida dan tetap ingin merasakan fasilitas lengkap seperti hotel berbintang? Kamu bisa menginap di sini dengan membayar harga mulai dari Rp 1 juta.

Kolam renang di glamping resort Autentik Nusa Penida.Dokumentasi Autentik Nusa Penida Kolam renang di glamping resort Autentik Nusa Penida.

Harga tersebut tergantung musim, jika musim liburan atau high season harga bisa mencapai di atas Rp 1 juta. Namun, ketika low season, kamu bisa menginap di sini dengan harga Rp 800.000.

Akses menuju Autentik Nusa Penida

Pemandangan glamping resort Autentik Nusa Penida dikelilingi hutan belantara.Dokumentasi Autentik Nusa Penida Pemandangan glamping resort Autentik Nusa Penida dikelilingi hutan belantara.

Akses menuju lokasi juga cukup mudah, kamu hanya perlu menyewa fast boat dari Sanur. Perjalanan menyeberang akan ditempuh selama lebih kurang 45 menit.

Sampai di pelabuhan Toyapakeh atau Banjar Nyuh, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan sepeda motor atau mobil sekitar 10 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com