Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2020, 06:19 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Penangguhan umrah oleh Kerajaan Arab Saudi masuk dalam jajaran berita terpopuler Travel Kompas.com pada Kamis kemarin.

Selain itu, berita terpopuler lainnya adalah tempat wisata yang rusak karena fotonya viral di media sosial, tempat wisata baru di Sulawesi Utara hingga waktu pembukaan kuota antrean paspor online.

Untuk lengkapnya, berikut lima berita terpopuler Travel Kompas.com pada 5 Maret 2020.

Arab Saudi Tangguhkan Umrah, Belum Diketahui Pasti hingga Berapa Lama

Ilustrasi Masjid Nabawi. SHUTTERSTOCK/SAMAREEN Ilustrasi Masjid Nabawi.
Viral di media, informasi bahwa Pemerintah Arab Saudi telah menangguhkan pelaksanaan umrah sepanjang 2020. Informasi itu dikutip dari salah satu web berbahasa Inggris, www.channelnewsasia.com.

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menegaskan bahwa sampai saat ini belum menerima informasi resmi terkait hal itu.

Namun, Endang mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Direktur Urusan Travel Umrah Saudi Abdurrahman Al Segaf dan memastikan bahwa berita tersebut tidak benar.

"KUH (Kantor Urusan Haji) KJRI Jeddah sudah berkoordinasi dengan Abdurrahman Al Segaf. Dia mengatakan bahwa informasi tentang penutupan umrah selama 1 tahun di 2020 itu tidak benar," ujar Endang melalui pesan singkat, Kamis (05/03/2020).

"Demikian juga terkait pelaksanaan haji tahun ini. Persiapan terus berjalan. Sampai saat ini belum ada keputusan terkait dibatalkannya pelaksanaan haji dari Saudi,” lanjutnya.

Baca selengkapnya di sini.

5 Tempat Wisata Cantik yang Rusak akibat Fotonya Viral di Media Sosial

Suasana di Ranu Manduro, padang rumput bekas kawasan pertambangan, di Desa Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.KOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍ Suasana di Ranu Manduro, padang rumput bekas kawasan pertambangan, di Desa Manduro Manggung Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur.
Kata ' viral' mungkin bisa jadi suatu musibah untuk sebuah tempat wisata. Semuanya berubah karena mendadak viral dan diserbu oleh para wisatawan.

Wisatawan berbondong-bondong datang didorong rasa penasaran terhadap tempat wisata yang terlihat cantik di media sosial.

Beberapa tempat wisata yang tidak seindah dulu akibat foto dan videonya viral di media sosial, seperti Ranu Manduro, Negeri di Atas Awan, Amaryllis Garden, Gunung Rinjani hingga Gililawa.

Baca selengkapnya di sini.

Simore Peak, Tempat Wisata Baru di Sulawesi Utara

Simore Peak Sulawesi Utara Weny Kohongia/ Simore Peak Simore Peak Sulawesi Utara
Pesona Sulawesi bukan hanya pantai, melainkan juga pemandangan perkebunan hingga pegunungan yang menyimpan keindahan dan bisa dijadikan destinasi saat berlibur di Sulawesi.

Salah satu destinasi yang bisa disambangi adalah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara. Destinasi tersebut memiliki pesona perbukitan tersembunyi, Simore Peak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com