Camping sampai Offroad di Danau Toba, Aneka Potensi Wisata Petualangan Dairi

Kompas.com - 19/06/2020, 14:06 WIB
Ribuan tenda tumbuh bak jamur di pinggir Danau Toba dalam event Tao Silalahi Art Festival setahun yang lalu di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. dok Rumah Karya IndonesiaRibuan tenda tumbuh bak jamur di pinggir Danau Toba dalam event Tao Silalahi Art Festival setahun yang lalu di Desa Paropo, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi.


JAKARTA, KOMPAS.com - Danau Toba masuk dalam 10 destinasi prioritas dan 5 destinasi super prioritas di Indonesia. Danau vulkanik terbesar di dunia ini meliputi tujuh kabupaten di Sumatera Utara.

Salah satu kabupaten yang mendiami kawasan Danau Toba adalah Kabupaten Dairi. Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menuturkan bahwa Kabupaten Dairi menyimpan potensi wisata untuk dikembangkan menjadi wisata petualangan.

Wisata petualangan, lanjutnya, dapat digunakan untuk menambah daya tarik wisatawan agar wisatawan kembali berkunjung ke Danau Toba setelah pandemi.

"Kami punya tiga wisata unggulan yaitu Tao Silalahi, Taman Wisata Iman, dan Taman Wisata Alam Sicike-cike, semuanya itu dapat dicombine dengan pariwisata petualangan," kata Eddy dalam webinar Sumatera Utara Tourism Forum bertajuk "Adventure Tourism Promotion And Marketing Strategies Under Covid-19/New Normal", Rabu (17/6/2020).

Ia menjelaskan potensi pariwisata petualangan terdapat di Tao Silalahi. Menurutnya, wisatawan dapat melakukan kegiatan petualangan mulai dari hiking atau trekking yang bermuara di lokasi camping ground di kawasan Pulau Silalahi.

Kawasan tersebut, kata dia, juga dikenal dengan nama kawasan 1000 tenda. Selain itu, Eddy mengatakan kegiatan potensial petualangan lainnya yaitu wisata offroad.

"Terakhir kami ada kegiatan bersama Diksar offroad mengelilingi Kabupaten Dairi, dan mereka bilang belum pernah mengalami atau melihat alam yang begitu menantang dan sangat natural. Bahkan sampai di finish, ada beberapa offroader yang masih tersangkut," terangnya.

Kapal kayu wisata di Danau TobaHarismoyo / Shutterstock.com Kapal kayu wisata di Danau Toba

Kemudian, Eddy juga menerangkan Kabupaten Dairi memiliki potensi untuk akomodasi glamping atau glamour camping.

Baca juga: Merjuma, Tarian dari Dairi yang Tunjukkan Aktivitas Bertani

Glamping merupakan suatu bentuk perkemahan modern dengan menggabungkan esensi alam dan tetap memiliki fasilitas penginapan yang memadai.

Dalam hal ini, Eddy mengaku akan menjaring pasar wisatawan mancanegara serta wisatawan berusia muda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X