Benarkah Pendaki Gunung Sindoro Wajib Bawa Surat Kesehatan dari Basecamp?

Kompas.com - 12/08/2020, 08:37 WIB
gunung Sindoro dilihat dari Puncak Bukit Sikendil, Temanggung. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAgunung Sindoro dilihat dari Puncak Bukit Sikendil, Temanggung.


KOMPAS.com - Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung viral lantaran mengeluarkan informasi yang mewajibkan para pendaki membuat surat kesehatan (suket) di basecamp.

Informasi tersebut sempat dibagikan melalui akun Instagram resmi basecamp Kledung, Senin (10/8/2020).

Surat tersebut dibuat berdasarkan hasil rapat koordinasi pihak pengelola jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung.

"Kepada seluruh pencinta alam dan peminat pendakian Gunung Sindoro via Kledung untuk wajib melakukan pemeriksaan kesehatan di tempat fasilitas kesehatan yang direkomendasikan oleh pengelola pendakian Gunung Sindoro via Kledung terhitung mulai 10 Agustus 2020," tulis surat tersebut dilihat dari Instagram @pendakiindonesia.

Muncul polemik, Ketua Organisasi basecamp Kledung, Riyan Indra Prayudha pun mencabut kembali surat dan keputusan tersebut.

Hasilnya, postingan asli surat itu pun kini telah dihapus dari akun Instagram resmi basecamp Kledung.

Dikonfirmasi langsung oleh Riyan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/8/2020), ia mengatakan bahwa surat tersebut pada dasarnya baru sekadar rencana.

"Istilahnya baru perencanaan, cuma kita sudah share dulu. Tapi beberapa komentar dari pengunjung kita itu kayaknya kurang cocok kalau misalkan surat sehat harus direkomendasikan dari basecamp," kata Riyan kepada Kompas.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X