Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2020, 15:03 WIB

KOMPAS.com – Mereka yang sudah tidak sabar liburan ke Filipina, mau tidak mau tetap harus sabar. Itu karena Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte mengumumkan bahwa Metro Manila masih dikarantina.

Melansir Travel Daily Media, Kamis (3/12/2020), pintu masuk utama menuju Filipina tersebut masih akan dikarantina hingga akhir 2020.

Baca juga: Protokol New Normal Hotel di Filipina, Diminta Tak Diskriminasi Tamu yang Terinfeksi Virus Corona

Hal tersebut terjadi karena Duterte menyetujui rekomendasi dari Inter-Agency Task Force on Emerging Infectious Diseases (IATF-EID) untuk memperpanjang status karantina Metro Manila.

Namun selain daerah tersebut, sejumlah daerah lain juga diperpanjang status karantinanya, seperti Batangas, Iloilo, Tacloban, Lanao del Sur, Iligan, Davao, dan Davao del Norte.

Baca juga: Turis Indonesia Suka Belanja dan Diving di Filipina, Kenapa?

Di bawah status General Community Quarantine (GCQ), perjalanan internasional masih dibatasi dan hanya dibatasi untuk beberapa perjalanan yakni sebagai berikut:

  • Penerbangan pemerintahan dan militer
  • Penerbangan internasional yang mematuhi protokol IATF-EID atau Bureau of Quarantine (BOQ) yang ada
  • Ambulans udara dan perlengkapan medis
  • Pemeriksaan penerbangan dan penerbangan mitigasi cuaca
  • Penerbangan pemeliharaan dan utilitas
  • Penerbangan darurat
  • Penerbangan domestik ke dan dari provinsi atau kota di bawah status GCQ, tunduk pada izin bandara yang diperlukan dan persetujuan rencana penerbangan
  • Penerbangan lain yang disetujui IATF-EID

Pariwisata domestik tetap berjalan

Meski perjalanan internasional dibatasi, pemerintah Filipina menyarankan warga Filipina untuk menjelajahi negaranya guna menggerakkan pariwisata domestik.

Sejumlah destinasi wisata seperti Boracay, Baguio, Siargao, dan Ilocos telah menyambut kembali wisatawan lokal di bawah protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: 3 Pulau Cantik di Filipina, Cocok untuk Wisata Bahari

Namun, pemerintah masih mengimbau agar masyarakat mematuhi standar kesehatan minimum, seperti memakai masker, sering mencuci tangan, dan melakukan jaga jarak agar terhindar dari Covid-19.

Saat berita ditulis, Filipina telah melaporkan 432.925 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi dengan 8.418 kematian dan 398.782 dinyatakan sembuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+