Kompas.com - 24/12/2020, 14:16 WIB
Tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Pemandangan Gunung Sindoro yang terlihat dari Telaga Dringo di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. SHUTTERSTOCK / Bortolomeus Abdi WTempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Pemandangan Gunung Sindoro yang terlihat dari Telaga Dringo di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

KOMPAS.comDataran Tinggi Dieng merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) yang kerap dikunjungi oleh wisatawan.

Namun jika ingin liburan ke Dieng pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2021, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto mengatakan, ada syarat yang harus dipenuhi wisatawan.

1. Harus rapid test antigen

“Untuk ke Dieng, karena di Provinsi Jateng, kebijakan dari gubernur ada penerapan pengecekkan di pintu masuk Jateng. Obyek wisata kita enggak syaratkan tes rapid antigen, tapi dari kebijakan provinsi,” katanya kepada Kompas.com, Selasa (22/12/2020).

Baca juga: Apa Saja Syarat Masuk Jawa Tengah untuk Libur Akhir Tahun?

Adapun, saat ini syarat masuk Jateng untuk libur akhir tahun adalah wisatawan wajib menunjukkan hasil negatif tes rapid antigen guna menekan angka penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang mewajibkan wisatawan untuk melakukan syarat tersebut. Jika tidak, dia menyarankan agar mereka tidak usah bepergian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Telaga Dringo di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.SHUTTERSTOCK / NDL Picture Tempat wisata di Kabupaten Banjarnegara - Telaga Dringo di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

2. Berlaku bagi wisatawan dari luar Jawa Tengah

Kendati aturan tersebut berlaku bagi wisatawan dari luar Jateng, wisatawan di Jateng yang akan ke Dieng lewat Banjarnegara tidak perlu melakukannya.

“Itu tes rapid antigen dari provinsi yang lokasi di Dieng itu yang masuknya Kabupaten Wonosobo, bukan Banjarnegara. Secara acak dilakukan dua hari, 24 dan 27 Desember 2020. Tapi di kawasan wisata yang di Banjarnegara enggak,” jelas Agung.

Menurut Agung, tes rapid antigen yang akan dilakukan secara acak untuk yang bertujuan ke Dieng hanya berlaku di Wonosobo lantaran daerah tersebut merupakan akses yang paling ramai dilewati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X