Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2022, 12:39 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bogor wilayah di dataran tinggi yang dikelilingi pegunungan indah. Bogor pun sering dijadikan tempat pendakian dan berkemah untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

Jika sedang mencari tempat yang menawarkan pengalaman berkemah dengan tenda maupun glamping dengan udara sejuk pegunungan, Bukit Surya Salaka bisa jadi pilihan.

Tempat yang baru dibuka pada Desember 2021 ini juga memiliki pemandangan Gunung Salak dan gemerlap lampu Bogor yang apik pada malam hari. Lokasinya berada di Desa Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Bukit Surya Salaka Bogor, Tempat Camping Baru dengan View Gunung Salak

Jarak Bukit Surya Salaka dari tengah kota Bogor sebenarnya tidak terlalu jauh jika dijangkau dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam 20 menit, dengan jarak 22 kilometer (km).

Pengelola tempat Bukit Surya Salaka bernama Dheniz menjelaskan bahwa akses ke lokasi cukup mudah.

“Kebanyakan yang datang pakai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Mobil besar kaya Pajero juga masuk. Kalau seperti bus memang belum bisa, karena meski jalurnya bagus, tapi agak ngepas,” kata Dheniz saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

Sementara, untuk yang pergi menggunakan kendaraan umum bisa memilih dari beberapa alternatif. Di akhir jalur kendaraan umum, pengunjung harus turun di titik tertentu dan menaiki ojek untuk bisa mencapai lokasi.

Baca juga: Biaya dan Fasilitas Bukit Surya Salaka Bogor, Sudah Dilengkapi Alat Camping

“Kalau dari kota, naik beberapa bus atau angkot bisa. Terakhir pokoknya naik angkot GB Gunung Bunder 02, berhenti di lokasi terakhir. Baru naik gojek ke atas itu udah deket,” lanjut Dheniz.

Naik angkutan umum ke Bukit Surya Salaka

Jika naik kendaraan umum ke Bukit Surya Salaka dengan asumsi berangkat dari stasiun Bogor, kamu cukup berpindah kendaraan tiga kali sebelum naik ojek.

Berangkat dari stasiun Bogor di Cibogor, lalu naik bus jurusan Baranangsiang-Bubulak melewati 15 pemberhentian. Turun di Terminal Laladon.

Suasana pagi hari di Bukit Surya SalakaDok. Bukit Surya Salaka Suasana pagi hari di Bukit Surya Salaka

Dari Terminal Laladon, naik bus nomor 53 jurusan Segog, melewati 33 pemberhentian. Lalu turun di Terminal Segog. Terakhir, naik bus nomor 59 jurusan Gunung Bunder melewati delapan pemberhentian. Turun di SDN Gunung Bunder 02.

Baca juga: 10 Tempat Nongkrong di Bogor, Ada Kafe dengan Pemandangan Gunung Salak

Selanjutnya, kamu bisa berjalan kaki mengikuti Google Maps sekitar 2 km dalam waktu 28 menit atau naik ojek sekitar tujuh menit saja. Baru kemudian sampai di Bukit Surya Salaka Camping Ground.

Naik kendaraan pribadi ke Bukit Surya Salaka

Untuk yang menaiki kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil dari Stasiun Bogor, bisa mengikuti arahan Google Maps atau aplikasi petunjuk arah lainnya.

Melewati Jalan Kapten Muslihat atau Jalan Raya Dramaga-Bogor dari jalan Merdeka. Lalu ke arah kiri menuju jalan Jalan Re. Abdullah (tanda Ciomas/Cikaret). Kemudian, belok kiri lagi ke Jalan Aria Surialaga.

Suasana berkemah malam hari di Bukit Surya SalakaDok. Bukit Surya Salaka Suasana berkemah malam hari di Bukit Surya Salaka

Selanjutnya belok kanan ke Jalan Kapten atau Jalan Kapten Maulana Yusuf atau Jalan Raya Muara. Belok kanan lagi di jalan Raya Ciapus, lalu belok kanan setelah Warung Lina, menuju Jalan Curug Luhur-Pasir Reungit.

Baca juga: 5 Wisata Curug atau Air Terjun di Bogor, Banyak yang Masih Asli

Lalu belok kiri ke Jalan Cikaret, belok kiri lagi menuju Jalan Gunung Salak Highland. Kemudian, ikuti arahan dari Google Maps karena jalannya sedikit berbelok-belok dan belum ada penanda khusus.

Namun, pengendara tidak perlu khawatir sebab jalannya sudah bagus dan beraspal. Hanya sekitar dua kilometer, Bukit Surya Salaka ada di sebelah kiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com