Kompas.com - 15/01/2022, 21:06 WIB
Ilustrasi hotel. SHUTTERSTOCK/Kanyapak LimIlustrasi hotel.

KOMPAS.com - Sebanyak 2.000 kamar hotel di kawasan Senggigi di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah dipesan oleh wisatawan yang akan menonton perhelatan balap motor internasional MotoGP.

Untuk diketahui, MotoGP akan diadakan pada 18 - 20 Maret 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika atau Pertamina Mandalika International Street Circuit

"Sebanyak 2.000 kamar hotel yang ada di kawasan Senggigi sudah full-booking pada Maret nanti," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Saepul Akhkam, dikutip dari Antara, Jumat (14/1/2022).

Baca juga:

Ia menambahkan, ajang balap motor tersebut akan menarik sekitar 100.000 wisatawan mancanegara dan Nusantara.

Untuk memastikan ketersediaan akomodasi di Lombok, lanjutnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan akomodasi sementara. 

Sirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Sirkuit Mandalika siap menghelat MotoGP Mandalika 2022.

Beberapa pilihan yang ditawarkan adalah glamping atau glamour camping dan kapal pesiar yang bersandar di Dermaga Pelabuhan Lombok.

"Bila kapasitas di Lombok dirasa masih tidak cukup untuk menampung kebutuhan, maka pemerintah mewacanakan akan mengarahkan wisatawan untuk tinggal di Bali atau destinasi sekitar NTB," katanya.

Desa wisata di Kabupaten Lombok Barat juga didorong untuk turut menyiapkan akomodasi homestay di rumah warga. 

Baca juga:

Akhkam menerangkan, hal tersebut merupakan alternatif jangka pendek untuk menjawab kekhawatiran akan jumlah kamar menjelang ajang balap motor itu.

"Kami ingin menjawab kekhawatiran banyak pihak dengan melakukan kerja nyata, kita sekarang sedang menyiapkan proses penyediaan homestay berbasis rumah warga," katanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.