Kompas.com - 02/12/2021, 08:15 WIB

KOMPAS.com - Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Rizki Handayani tidak menampik, gelaran MotoGP 2022 akan menguntungkan pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Acara olahraga di Mandalika seharusnya membawa dampak yang lebih besar ke pembangunan ekonomi dan masyarakat di Lombok,” papar Rizki.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam Wisata di Sekitar Sirkuit MotoGP Mandalika

Hal itu disampaikan oleh Rizki dalam Konferensi Internasional Mandalika bertajuk “Infinity Experiences of Nature and Sport Tourism” pada Rabu (1/12/2021).

Menurut Rizki, acara olahraga seperti MotoGP dan World Superbike (WSBK) dapat membawa dampak yang lebih besar karena jumlah penonton yang akan berkunjung jauh lebih banyak.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam Wisata Budaya di Mandalika Lombok Tengah

Ajang balap motor WSBK yang dihelat pada pertengahan November 2021 ini berhasil meningkatkan tingkat okupansi hotel di Mandalika.

Melansir Kompas.com, Senin (29/11/2021), hal ini diungkapkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing.

Sandiaga menuturkan, berdasarkan data dari Ketua Mandalika Hotel Association (MHA) Samsul Bahri, penonton WSBK membuat tingkat hunian hotel di kawasan Mandalika mengalami kenaikan mencapai 95 persen.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam Wisata Pantai di Mandalika Lombok Tengah

“Sebelum WSBK, okupansi rata-rata 15 persen. Namun adanya event WSBK menjadi sekitar 95 persen. Sementara untuk omzet sendiri, biasanya sebelum WSBK mencapai 15 persen. Namun setelah WSBK mencapai 85 persen,” kata Sandiaga.

Selain itu, kompetisi olahraga itu juga memberi dampak pada bidang penyewaan jasa transportasi yang mendapatkan omzet mencapai 70 juta sejak awal hingga pertengahan November saat WSBK digelar.

Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (kiri) melaju paling depan saat balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (kiri) melaju paling depan saat balapan pertama (race 1) WSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.

MotoGP bakal lebih ramai, SDM sudah siap?

Sebelumnya, Rizki mengungkapkan bahwa ada kemungkinan perhelatan MotoGP pada 2022 mendatang akan membawa lebih banyak penonton untuk berkunjung ke Mandalika.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.