Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2022, 20:31 WIB
Dian Ade Permana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Agrowisata Suro Jembangan di Desa Patemon, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, terus dikembangkan untuk menarik kunjungan wisatawan.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha meminta kepala desa untuk kreatif mengembangkan potensi wilayahnya. Diharapkan pengembangan itu dapat meningkatkan kesejahteraan warga.

Baca juga:

"Pembangunan agrowisata di Patemon menjadi salah satu contoh upaya meningkatkan kesejahteraan warga," katanya, Rabu (12/1/2022) dalam keterangan tertulis.

Dalam kesempatan tersebut, Ngesti yang menanam bibit pohon durian menyampaikan potensi wilayah Patemon sangat baik untuk dikembangkan jadi desa wisata.

Bupati Semarang Ngesti Nugraha menanam bibit durian di Agrowisata PatemonKOMPAS.com/Ist Bupati Semarang Ngesti Nugraha menanam bibit durian di Agrowisata Patemon

Dia meminta ada koordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk menjadikan Patemon sebagai desa wisata yang maju.

Kepala Desa Patemon Puji Rahayu menjelaskan, Pemerintah Desa (Pemdes) menyediakan lahan seluas enam hektare untuk mengembangkan kawasan agrowisata itu.

Baca juga:

"Selain ditanami aneka tanaman buah seperti durian, alpukat, dan mangga, juga dilengkapi alat permainan keluarga," terangnya.

Pembangunan agrowisata itu, menurut Puji, merupakan upaya menjadikan Patemon sebagai desa mandiri secara ekonomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com