Kompas.com - 02/01/2022, 17:01 WIB
Temon, salah satu orang utan koleksi satwa yang dipelihara di Semarang Zoo. Instagram Semarang ZooTemon, salah satu orang utan koleksi satwa yang dipelihara di Semarang Zoo.

KOMPAS.com - Semarang Zoo ramai didatangi wisatawan pada masa libur Tahun Baru 2022.

Melansir Tribun Jateng, pihak pengelola bahkan sempat menolak ribuan pengunjung yang datang lantaran sudah terlalu ramai. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan.

"Iya betul, kami tolak pengunjung banyak sekali, ada ribuan pengunjung yang balik kanan," ungkap Direktur Semarang Zoo, Choirul Awaludin, kepada Tribun Jateng, Sabtu (01/01/2021).

Baca juga:

Menurutnya, wisatawan yang datang di momen libur Tahun Baru meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun lalu.

Adapun kapasitas pengunjung Semarang Zoo adalah di angka 30.000 orang. Tahun ini, pengunjung yang datang mencapai angka 15.000 orang atau 50 persen dari kapasitas.

"Tahun kemarin hanya di angka 10 persen dari kapasitas," ucapnya.

Selain membatasi jumlah pengunjung, Semarang Zoo juga melakukan penyekatan pengunjung sebanyak tiga lapis sebagai bagian dari penerapan prokes.

Penyekatan lapis pertama dilakukan di pintu gerbang dekat jalan raya, lapis kedua di lahan parkir, sementara lapis ketiga di loket masuk.

"Jadi sistemnya buka-tutup. Kalau sudah penuh kapasitas kami tutup gerbang sampai ada pengunjung keluar," ujar Choirul.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Pengunjung Semarang Zoo Membludak, Pengelola Terpaksa Tolak Ribuan Wisatawan

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.