Kompas.com - 16/06/2022, 20:03 WIB

KOMPAS.comSolo traveling alias jalan-jalan seorang diri menjadi salah satu alternatif untuk melakukan kegiatan wisata.

Bagi seseorang berjiwa petualang, opsi tersebut kerap jadi pilihan karena dianggap lebih menantang dan menyenangkan. Pasalnya, dengan cara ini, traveler bebas berlibur ke mana saja, berangkat kapan saja, dan menginap di mana saja.

Aktivitas solo traveling pun memunculkan rasa antusias karena pengalaman dan tantangan yang ditemui betul-betul dihadapi seorang diri. Traveler juga bebas menentukan sendiri destinasi wisata yang akan dijelajahi tanpa perlu repot memikirkan pertimbangan orang lain.

Meski begitu, perjalanan seorang diri sebaiknya tak dilakukan secara asal. Ingat, itinerari atau rencana rute tak boleh diabaikan agar perjalanan wisata berjalan sesuai rencana.

Agar liburanmu lancar, Kompas.com rangkumkan tips menyusun itinerari.

Baca juga: 3 Tips Dapat Hotel Murah Ala Manajer Pegipegi, Tahu Waktu Terbaik

1. Tentukan destinasi

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun itinerari adalah menentukan destinasi. Jika kamu memutuskan untuk liburan di dalam negeri, tentukan kota mana yang akan disambangi.

Setelah itu, tentukan destinasi dan jenis aktivitas yang ingin dieksplorasi, misalnya wisata alam, sejarah, kuliner, dan belanja.

Agar tidak bingung menentukan tujuan wisata, pilihlah destinasi favorit yang sesuai dengan preferensi, ketersediaan waktu, dan budget.

Sebaiknya, jangan terlalu banyak memilih destinasi agar waktu dan budget untuk liburan efektif dan efisien. Tak kalah penting, saat melakukan solo trip, pastikan pula destinasi yang akan dikunjungi nyaman dan aman untuk liburan sendirian.

2. Atur budget

Setelah menentukan destinasi, hal penting berikutnya adalah mengatur budget yang sesuai dengan kantong agar tak boncos. Sebelum berangkat, sebaiknya anggarkan bujet selama menjalani solo traveling.

Baca juga: Bosen Kerja dari Rumah? Yuk, Coba Work from Hotel dengan Diskon hingga 60 Persen dari Pegipegi

Jika punya budget terbatas, kamu harus realistis menentukan lokasi yang akan dikunjungi sesuai kemampuan finansial.

Setelah mengetahui jumlah budget, kamu bisa mengalokasikan dana untuk keperluan transportasi, tiket masuk tempat wisata, akomodasi, serta makanan dan minuman.

Untuk akomodasi, solo traveler harus pandai memilih yang sesuai dengan budget. Kamu bisa memilih hostel dengan fasilitas sarapan gratis agar lebih hemat.

Meski murah, pastikan penginapan yang kamu pilih layak ditinggali. Sebagai contoh, lingkungan dan kamar bersih serta aman. Kemudian, tersedia fasilitas dasar yang memadai, seperti kamar mandi, air conditioner (AC), atau kipas angin.

Selain itu, pastikan pula lokasinya mudah diakses dengan layanan transportasi umum. Dengan demikian, kamu mudah menjelajahi destinasi di kota tujuan.

Baca juga: Mau Liburan? Yuk Lakukan Strategi Liburan Praktis ala Pegipegi

Demikian pula untuk budget transportasi. Agar lebih hemat, gunakan bus atau transportasi umum lokal begitu sampai di daerah tujuan untuk mencapai lokasi destinasi wisata. Selain harganya terjangkau, kamu juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan warga setempat.

3. Tandai destinasi prioritas

Meski kamu sudah menyusun daftar serta memilih destinasi wisata yang akan dikunjungi, kamu tetap perlu menentukan destinasi prioritas dari daftar tersebut.

Hal itu merupakan langkah antisipasi bila waktu yang dimiliki saat melakukan perjalanan tak cukup atau terbatas. Dengan begitu, destinasi tersebut bisa kamu dahulukan tanpa harus lama berpikir panjang.

4. Tentukan waktu kunjungan terbaik

Perlu diketahui, setiap destinasi wisata punya karakter lingkungan berbeda-beda. Faktor ini menentukan waktu kunjungan terbaik ke destinasi tersebut.

Sebagai contoh, hindari mengunjungi pantai di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), saat musim penghujan.

Baca juga: CEO Pegipegi Pegang Teguh Integritas Demi Masa Depan Bisnis Perusahaannya

Pasalnya, kondisi lautan pada musim hujan cenderung berombak dan berangin kuat. Alhasil, kamu tak bisa bermain air dengan leluasa atau berburu sunrise dan sunset.

5. Riset moda transportasi dan durasi perjalanan

Sebelum berangkat liburan, hal yang tak kalah penting adalah melakukan riset mendalam tentang moda transportasi yang akan kamu gunakan di daerah tujuan.

Kamu perlu mengetahui jenis-jenis moda transportasi yang tersedia, tarif, dan waktu operasionalnya. Selain itu, penting pula untuk mengetahui kenyamanan dari masing-masing moda transportasi yang tersedia.

Bila kamu berencana menyewa kendaraan, cari tahu vendor penyedia dan harga sewanya. Dengan begitu, kamu bisa mengatur waktu dan pengeluaran sesuai budget yang dimiliki.

Nah, itulah lima tips menyusun itinerari yang bisa kamu terapkan saat berencana liburan dengan konsep solo traveling.

Baca juga: Kini, Bepergian Jadi Lebih Tenang dengan Pegipegi Travel Protection

Agar perjalanan liburanmu lebih nyaman, mudah, dan hemat, kamu bisa memanfaatkan beragam promo yang ditawarkan perusahaan perjalanan online, seperti Pegipegi.

Saat ini, Pegipegi punya program promo yang diadakan setiap tiga bulan sekali, yaitu “PEGIVAGANZA”.

Pada promo PEGIVAGANZA, Pegipegi menawarkan spesial flash sale hotel mewah mulai dari Rp 300.000, fbus, dan travel mulai dari Rp 20.000.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan diskon spesial lainnya pada promo PEGIVAGANZA hingga 70 persen untuk pemesanan hotel, tiket pesawat, kereta api, bus, dan travel, baik perjalanan domestik maupun internasional.

Pada promo PEGIVAGANZA, Pegipegi menawarkan spesial flash sale hotel mewah mulai dari Rp 300.000, bus dan travel mulai dari Rp 20.000. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan diskon spesial lainnya pada promo PEGIVAGANZA hingga 70 persen untuk pemesanan hotel, tiket pesawat, kereta api, bus, dan travel, baik perjalanan domestik maupun internasional.
Dok. Pegipegi Pada promo PEGIVAGANZA, Pegipegi menawarkan spesial flash sale hotel mewah mulai dari Rp 300.000, bus dan travel mulai dari Rp 20.000. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan diskon spesial lainnya pada promo PEGIVAGANZA hingga 70 persen untuk pemesanan hotel, tiket pesawat, kereta api, bus, dan travel, baik perjalanan domestik maupun internasional.

Adapun flash sale PEGIVAGANZA tersedia untuk hotel internasional, hotel domestik, flight internasional, flight domestik, bus dan travel, serta kereta api. Sementara, spesial flash sale untuk hotel mewah juga bus dan travel.
Baca juga: Fitur Akomodasi Favorit Pegipegi, Cari Penginapan Kini Semakin Mudah

Untuk diketahui, promo PEGIVAGANZA bisa didapatkan pada periode tertentu dan ditawarkan khusus melalui aplikasi Pegipegi. 

Selain itu, ada pula Always On yang menghadirkan potongan harga dan kupon pemesanan hotel, pesawat, kereta api, bus, dan travel yang berlangsung setiap saat.

Bagaimana, menarik bukan? Dengan memanfaatkan promo PEGIVAGANZA, liburanmu jadi lebih nyaman dan juga hemat. Pastikan pula kamu download aplikasi Pegipegi terlebih dahulu melalui App Store dan Google Play versi minimum 5.4.1.

Pakai promo PEGIVAGANZA sekarang juga hanya di aplikasi dan website Pegipegi! Dengan begitu, solo trip jadi lebih mudah dan menyenangkan.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.