Kompas.com - 31/07/2022, 17:40 WIB

KOMPAS.com - Warga Tulungagung dan sekitarnya kini punya pilihan wisata pantai baru, yakni Pantai Midodaren.

Dikutip dari Antara, wisata pantai modern ini menyuguhkan nuansa pantai berpasir putih. Diharapkan, dalam beberapa waktu ke depan Pantai Midodaren dapat menjadi maskot baru pariwisata lokal yang menarik banyak wisatawan, baik dari luar daerah maupun mancanegara.

Baca juga: 10 Pantai Tulungagung yang Pas buat Santai dan Berburu Foto

Selain itu, ia juga berharap pantai ini mampu mengangkat potensi wisata kawasan Kecamatan Besuki, serta mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tulungagung, seperti dikutip dari Surya.co.id.

"Semoga (destinasi wisata) ini bisa memberikan sumbangsih dan peningkatan ekonomi bagi warga sekitar," ucap Wakil Bupati Tulungagung, Gatut Sunu Wibowo saat peresmian pantai belum lama ini, seperti dikutip Antara.

Pantai Midodaren memiliki luas area sekitar 12,5 hektar. Memasuki area pantai, pengunjung akan disapa sebuah patung Gajah Mada yang tengah memandang ke arah laut sambil mengangkat keris. Patung itu terpasang di tepi Pantai Midodaren.

Baca juga: 10 Pantai Ombak Besar di Jawa Timur, Ada yang Tingginya 8 Meter

Di sana, juga terdapat penginapan yang langsung menghadap ke laut, tempat berkemah, serta aneka permainan, seperti skuter listrik dan menjajal ayunan di bibir pantai.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Namun, area Pantai Midodaren belum sepenuhnya selesai dibangun. Menurut General Manager Taman Wisata Soemo Soeparto (TWSS), pengelola Pantai Midodaren, nantinya tempat itu juga akan memiliki kolam renang infinity persegi seluas 600 meter persegi untuk anak dan dewasa.

"Untuk fase satu akan selesai tiga sampai enam bulan ke depan. Jadi, akhir tahun akan selesai," ucapnya, seperti dikutip Surya.co.id.

Penginapan di Pantai Midodaren, Kabupaten Tulungagung yang baru dibuka.INSTAGRAM @midodarentulungagung Penginapan di Pantai Midodaren, Kabupaten Tulungagung yang baru dibuka.

Seiring waktu, Pemkab Tulungagung juga akan berkontribusi dalam mengembangkan destinasi wisata tersebut secara bertahap, terutama dalam menyediakan fasilitas umum. Masyarakat lokal juga akan dilibatkan.

"Sebab, masyarakat bisa memilik rasa memiliki dan ikut menjaga tempat ini," tutur Gatut Sunu.

Baca juga: 6 Tempat Glamping di Jawa Timur, Pas untuk Akhir Pekan

Menurutnya, keterlibatan masyarakat bisa memberi nilai lebih terhadap destinasi itu. Misalnya, turut menampilkan pesona budaya di sekitarnya.

Meski demikian, Pantai Midodaren dinilai masih memiliki ruang pengembangan yang luas karena baru saja dibuka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.