Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Sebut Wisata Religi di Indonesia otensial untuk Dikembangkan

Kompas.com - 11/06/2023, 14:17 WIB
Titis Anis Fauziyah,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan, potensi wisata religi di Indonesia dapat dikembangkan lebih serius karena banyak diminsti oleh para wisatawan domestik. 

Ia mencontohkan Masjid Sheikh Zayed di Kota Solo, Jawa Tengah yang dikunjungi hingga 310.000 pengunjung selama libur Lebaran 2023.

Contoh lainnya, kata Sandiaga, adalah wisata ziarah ke makam Walisongo.

“Tadi ada pertanyaan menarik dari pak kyai, wisata apa yang cocok untuk para kiai, dan santri. Dan saya lihat, saat saya pulang dari wisata religi di Uzbekistan kemarin bahwa kita juga punya potensi yang luar biasa dari jalur makam Wali Songo. Ini bisa jadi wisata ziarah,” tutur Sandi usai kunjungan ke Ponpes Al Itqon, Semarang, Jumat (9/6/2023) malam.

Baca juga:

Selain banyaknya kalangan komunitas beragama, khususnya muslim yang rutin melakukan ziarah makam Wali Songo, Sandiaga ingin wisata religi didesain menarik agar diminati wisatawan mancanegara.

Salah satu caranya, lanjut dia, adalah memperkayanya dengan turut mengenalkan sejarah yang terkait dengan destinasi tersebut.

“Harus kita kemas dengan suatu pengkayaan dari sejarah. Bagaimana penyebaran agama Islam di Indonesia ini dilakukan dengan pendekatan yang menyatu dengan budaya dan kearifan lokal,” beber Sandiaga.

Baca juga: Panduan Lengkap Ziarah ke Makam Habib Cikini di Jakarta Pusat

Untuk mewujudkan hal itu, ia menilai perlu ada peningkatan fasilitas penunjang, seperti mushala dan restoran halal. Upaya itu menurutnya perlu didorong untuk wisata religi maupun non religi.

“Bagaimana kita bisa membangun destinasi-destinasi berbasis alam yang memiliki kelengkapan pariwisata ramah muslim, seperti tempat ibadah maupun makanan bersertifikasi halal,” terangnya.

@kompastravel #MasjidRayaSheikhZayed Solo bernuansa putih nan elegan, pemberian Presiden Uni Emirat Arab untuk Jokowi sebagai simbol persahabatan UEA dan Indonesia ?#masjidraya #masjidrayasolo #soloplacetogo #solohits #wisatasolo #serunyabelajar ? Sunroof
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com