Kompas.com - 17/11/2022, 14:05 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Masjid Raya Sheikh Zayed baru saja diresmikan pada Senin (14/11/2022). Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ)

Masjid megah di Kota Solo ini, merupakan hadiah dari Pangeran UEA kepada Jokowi. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (29/10/2022), Masjid Raya Sheikh Zayed adalah replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dabi, UEA. Tidak heran, bangunan masjid yang didominasi warna putih ini tampak megah. 

Baca juga: Usai Diresmikan, Masjid Raya Sheikh Zayed Kota Solo Ramai untuk Foto

Dengan luas bangunan utama sekitar 8.000 meter persegi, Masjid Raya Sheikh Zayed mampu menampung hingga 10.000 jemaah. Lokasinya berada di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Namun demikian, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo bukan satu-satunya masjid megah di Indonesia. Terdapat sejumlah masjid megah lainnya yang tersebar di seluruh nusantara. 

Baca juga: Panduan Naik Batik Solo Trans ke Masjid Raya Sheikh Zayed, Masih Gratis

Masjid Raya Sheikh Zayed Kota Solo usai peresmian pada Senin (14/11/2022).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Masjid Raya Sheikh Zayed Kota Solo usai peresmian pada Senin (14/11/2022).

10 masjid megah di Indonesia

Berikut 10 masjid megah di Indonesia selain Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. 

1. Masjid Kubah Emas, Depok 

Masjid Dian Al Mahri atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Kubah Emas yang berlokasi di Jalan Raya Meruyung, Sawangan, Depok. Foto diambil pada Senin (5/6/2017).Kompas.com/Alsadad Rudi Masjid Dian Al Mahri atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Kubah Emas yang berlokasi di Jalan Raya Meruyung, Sawangan, Depok. Foto diambil pada Senin (5/6/2017).

Masjid Kubah Emas merupakan masjid terluas di Jabodetabek, seperti dikutip dari Kompas.com (7/5/2021). Masjid ini memiliki luas hampir 8.000 meter persegi di atas lahan seluas 70 hektar. 

Nama asli Masjid Kubah Emas adalah Masjid Dian Al-Mahri yang diambil dari nama pendirinya. Adapun sebutan Masjid Kubah Emas, lantaran kubah-kubah masjid dilapisi emas 24 karat setebal dua hingga tiga milimeter. 

Baca juga: Sejarah Masjid Kubah Emas di Depok

Ada lima kubah besar dan empat kubah kecil yang berdiri megah di atap masjid ini. Kehadiran kubah-kubah emas tersebut menjadi salah satu ciri kemegahan Masjid Kubah Emas, Depok. 

Selain di kubah, lapisan emas juga ditemukan pada relief di atas podium imam, dekorasi langit-langit masjid, dan mahkota pilar masjid. 

Arsitektur masjid terinspirasi oleh masjid-masjid di Timur Tengah. 

2. Masjid Istiqlal, Jakarta

Pekerja saat memeriksa pasokan listrik di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2022). Masjid Istiqlal yang menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara dipasok dengan daya 1.730 kVA dan diperkuat dengan 6 lapis pasokan listrik.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pekerja saat memeriksa pasokan listrik di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2022). Masjid Istiqlal yang menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara dipasok dengan daya 1.730 kVA dan diperkuat dengan 6 lapis pasokan listrik.

Membahas masjid megah di Indonesia, tentunya tidak lengkap tanpa Masjid Istiqlal. Masjid yang memiliki lima lantai ini berdiri megah di pusat ibu kota. 

Mengutip Kompas.com, (22/02/2021), arsitektur masjid mewakili  banyak simbol yang berkaitan dengan Islam dan kemerdekaan Indonesia. 

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Masjid Istiqlal

Kubah masjid, misalnya, berdiameter 45 meter yang melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia yakni 1945. 

Masjid Istiqlal ditopang 12 tiang, sesuai tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW yaitu 12 Rabiul Awal 1961. Lalu, total ada lima lantai di Masjid Istiqlal yang melambangkan lima rukun Islam, jumlah salat wajib dalam sehari, dan jumlah sila dalam Pancasila. 

Kemudian, terdapat menara setinggi 6.666 sentimeter di bagian luar masjid yang merupakan keseluruhan jumlah ayat dalam Al Quran.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.