Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Terbaik ke Desa Wisata Duren Sari di Trenggalek, Bisa Berburu Durian

Kompas.com - 20/06/2023, 12:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Kabupaten Trenggalek Mochamad Nur Arifin dalam program Nusaraya Kompas.com mengatakan bahwa salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Trenggalek ialah durian ripto yang ada di Desa Wisata Duren Sari.

"Waktu kunjungan presiden ke Kabupaten Trenggalek, presiden sempat mencicipi (durian ripto), dan mengatakan kalau durian tersebut merupakan durian ternak yang pernah ia coba," kata Arifin di Gedung Kompas Gramedia Jakarta, Senin (19/6/2023).

Adapun Desa Wisata Duren Sari tepatnya berlokasi di Sawaha, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, Jawa Timur dan dapat ditempuh sekitar 1 jam menggunakan mobil dari pusat Trenggalek.

Baca juga: Mengenal Desa Wisata Duren Sari, Surga Durian di Trenggalek

Arifin menuturkan bahwa kawasan Desa Wisata Duren Sari ini berada di tengah hutan, dan didominasi oleh 700 hektar hutan durian.

"Ada 700 hektar hutan durian, jadi kalau pencinta durian pasti suka," kata Arifin.

Layaknya buah-buahan pada umumnya, durian di Desa Wisata Duren Sari Kabupaten Trenggalek pun juga ada musimnya.

Waktu terbaik berkunjung ke Desa Wisata Duren Sari

Jika ingin merasakan legitnya durian ripto di Kabupaten Trenggalek, Arifin mengatakan wisatawan bisa datang ke Kabupaten Trenggalek dalam waktu dekat.

"Kalau mau cari buah durian di Trenggalek pada bulan ini (Juni-Juli) biasanya lumayan ada, meskipun bukan panen raya durian," katanya.

Baca juga: Desa Wisata Durensari Trenggalek, Punya Hutan Durian Terbesar di Asia Tenggara

Selain itu, Arifin mengatakan wisatawan juga bisa datang untuk berburu durian ke Kabupaten Trenggalek pada akhir tahun hingga bulan Maret.

Presiden Joko Widodo Menikmati buah durian Ripto, yang merupakan varian lokal dari Kecamatan Watulimo Trenggalek Jawa Timur,Tangkapan layar Presiden Joko Widodo Menikmati buah durian Ripto, yang merupakan varian lokal dari Kecamatan Watulimo Trenggalek Jawa Timur,

Untuk diketahui, cita rasa durian ripto khas Trenggalek ini legit, kulitnya lebih lunak, tidak gampang pecah, serta tidak gampang teroksidasi.

Meningkatnya popularitas durian ripto karena mendapat pengakuan dari Presiden Joko Widodo, serta gencarnya promosi Desa Wisata Duren Sari, berdampak pada naiknya nilai jual durian ripto.

Baca juga: Meriahnya Pelaksanaan Sedekah Laut Sembonyo Di Trenggalek

"Dulu durian ini satu biji dijual Rp 5000, itu pun kadang harganya terserah pembeli. Sekarang harganya bisa Rp 200.000 per biji," pungkas Arifin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com