Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Desa Wisata Duren Sari, Surga Durian di Trenggalek

Kompas.com - 20/06/2023, 08:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur punya daya tarik wisata alam yang cocok dikunjungi oleh wisatawan, khususnya saat menyambut momen libur sekolah.

"Dua desa di Kabupaten Trenggalek selama dua tahun berturut-turut selalu masuk nominasi Anugerah Desa Wisata (ADWI) yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Bupati Kabupaten Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam program Nusaraya Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia Jakarta pada Senin (19/6/2023).

Baca juga:

Mas Ipin, begitu panggilan akrabnya, melanjutkan bahwa salah satu desa wisata yang masuk ke dalam nominasi Anugerah Desa Wisata ialah Desa Wisata Duren Sari.

Surga durian di Trenggalek

Ipin menuturkan, salah satu daya tarik wisata di Desa Wisata Duren Sari yaitu terdapat durian ripto, yaitu durian dengan cita rasa lezat di Trenggalek.

Bahkan, kata Ipin, kelezatan durian ripto ini sudah diakui oleh Presiden Indonesia Joko Widodo saat berkunjung ke Kabupaten Trenggalek.

"Waktu kunjungan presiden ke Kabupaten Trenggalek, presiden sempat mencicipi (durian ripto), dan mengatakan kalau durian tersebut merupakan durian terenak yang pernah ia coba," kata Ipin.

Baca juga:

Menambahkan dari laman Kompas.com (1/12/2021), kunjungan Presiden Jokowi ke Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur tersebut dilakukan pada Selasa (30/11/2021).

Durian ripto yang lezat

Diketahui, pada saat itu Presiden Jokowi menikmati durian ripto di ruang kantor Bendungan Tugu, usai berkunjung ke Kabupaten Trenggalek. Durian ripto yang disantap presiden ialah durian lokal asal Kecamatan Watulimo, Trenggalek.

Tidak hanya presiden, kelezatan durian ripto khas Trenggalek pada momen itu juga diakui oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang ikut dalam kunjungan.

Presiden Joko Widodo Menikmati buah durian Ripto, yang merupakan varian lokal dari Kecamatan Watulimo Trenggalek Jawa Timur,Tangkapan layar Presiden Joko Widodo Menikmati buah durian Ripto, yang merupakan varian lokal dari Kecamatan Watulimo Trenggalek Jawa Timur,

Adapun lokasi Desa Wisata Duren Sari ini, kata Ipin, berada di tengah hutan yang didominasi oleh 700 hektar hutan durian. Sehingga cocok dikunjungi oleh wisatawan pencinta durian.

"Uniknya, durian ini usianya sudah ratusan tahun, berada di tengah hutan, kulitnya juga lebih lunak dan tidak gampang pecah," kata Ipin.

Baca juga:

Ia melanjutkan, durian yang tidak gampang pecah akan membuat durian tidak gampang teroksidasi, sehingga tidak akan menimbulkan rasa begah di perut.

"Dulu satu biji durian harga jualnya sekitar Rp 5.000 per biji, itu pun kadang harganya terserah pembeli. Sekarang harganya bisa Rp 200.000 per biji," tutur Ipin.

Kenaikan harga jual durian ripto ini, menurut Ipin bisa terjadi karena gencarnya promosi Desa Wisata Duren Sari, serta promosi durian ripto yang langsung diakui enak oleh Presiden Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com