Kompas.com - 10/08/2022, 20:24 WIB

KOMPAS.com – Menikmati masa liburan tidak perlu jauh ke negeri orang. Ada banyak tujuan wisata di Indonesia yang tidak kalah apik untuk dikunjungi, salah satunya Kabupaten Trenggalek di Jawa Timur (Jatim).

Ingin tahu apa saja destinasi wisata Trenggalek? Melansir rilis dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek, berikut sepuluh obyek wisata alam di Trenggalek yang wajib disinggahi.

1. Desa Wisata Pandean

Pandean adalah desa wisata rintisan yang berlokasi di Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek.

Meski tergolong destinasi wisata baru, Desa Wisata Pandean menyuguhkan pengalaman wisata alam yang komplit.

Baca juga: 1 Hari di Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, Coba Pakaian Tradisional

Di Pandean, wisatawan bisa menikmati suasana sejuk khas pegunungan, hamparan persawahan yang hijau subur, dan keunikan bebatuan sungai yang terbentuk secara alami.

Tak hanya itu, Desa Wisata Pandean juga menyediakan fasilitas river tubing atau susur sungai di Sungai Konang yang jernih dan menantang. Saat menyusuri ujung rute river tubing, wisatawan dapat melihat air terjun tiga susun.

River tubing di Desa Wisata Pandean.DOK. Humas Pemkab Trenggalek River tubing di Desa Wisata Pandean.

Selain wisata alam, wisatawan akan dimanjakan dengan wisata budaya berupa atraksi “Kothekan Lesung”, yaitu salah satu kebudayaan khas yang berusia lebih dari 150 tahun.

Apabila ingin menginap di Desa Wisata Pandean, wisatawan bisa memilih antara tempat penginapan di rumah warga atau arena perkemahan.

Untuk diketahui, Desa Wisata Pandean pernah masuk nominasi 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/BPEK).

Hal tersebut merupakan nilai plus bagi Pandean karena berhasil menyisihkan lebih dari 3.400 desa wisata lain se-Indonesia.

Baca juga: Jawa Timur Sumbang Wakil Terbanyak di Anugerah Desa Wisata

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.