Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2022, 21:31 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG,KOMPAS.com - Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Kabupaten Mabggarai Barat yang diselenggarakan Keuskupan Ruteng menghadirkan aneka kekayaan budaya hingga UMKM lokal.

Ada pelaku UMKM dari 86 Paroki di wilayah pelayanan keuskupan tersebut, melingkupi Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai timur yang mengikuti festival itu sejak Senin, 8 Agustus-15 Agustus 2022.

Pastor Paroki Santo Petrus Colol, Kevikepan Borong, Keuskupan Ruteng, Vitalis Salung kepada Kompas.com, Rabu, (10/8/2022) menjelaskan, mereka fokus mempromosikan keunggulan rasa kopi Colol dam memamerkannya pada Festival Golo Koe.

Baca juga: Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Tonjolkan Kekayaan Budaya dan Spiritual Setempat

"Rasa kopi Colol serta kawasan Colol yang sudah ditetapkan menjadi kawasan agrowisata di Manggarai Timur terus dipromosikan dalam berbagai event di wilayah Pulau Flores," kata Salung.

Tujuannya, sambung dia, agar wisatawan mengetahui keunggulan rasa kopi colol dan berwisata di kawasan Lembah Colol.

"Saya sangat bangga karena satu pegiat kopi Colol, Ronald Igu tampil sebagai pembicara untuk menjelaskan proses tanaman kopi sampai pengolahannya kepada ribuan peserta festival di lokasi waterfront Labuan Bajo," ujar Saling.

Menurut dia, anak muda mampu mempertahankan tanaman kopi, menarasikannya, dan mengolahnya sesuai standar pasar Internasional.

Kopi Colol yang dipamerkan di Festival Golo Koe

Pegiat Kopi Tuk Colol dari Paroki Santo Petrus Colol, Amandus Cahaya Tukeng kepada Kompas.com, Rabu, (10/8/2022) mengatakan, Paroki Santo Petrus Colol dipercayakan untuk memasarkan produk unggulan yaitu Kopi Colol.

Beberapa produk kopi kemasan dari kawasan Lembah Colol yg ikut dalam Festival Golo Koe Labuan Bajo,diantaranya, adalah Kopi Tuk Colol, Kopi Po'ong, Kopi Adak, Ponan Kopi, Ulung Kopi, dan Weras Kopi Colol.

Minum tradisional Kolang disebut Sopi Kolang (SOKA) dipromosikan pada Festival Religi Golo Koe Labuan Bajo, Manggarai Barat dari Senin, (8/8/2022)-Senin, (15/8/2022). (KOMPAS.com/DOK/ROMO ARDY SANTA, Pr)KOMPAS.COM/DOK/ROMO ARDY SANTA, Pr Minum tradisional Kolang disebut Sopi Kolang (SOKA) dipromosikan pada Festival Religi Golo Koe Labuan Bajo, Manggarai Barat dari Senin, (8/8/2022)-Senin, (15/8/2022). (KOMPAS.com/DOK/ROMO ARDY SANTA, Pr)

"Kami berharap festival ini Festival Golo Koe) dilaksanakan tiap tahun oleh Keuskupan Ruteng," tutur dia.

Terpisah, Pastor Paroki Santo Josef Freinademetz Wajur, Kevikepan Labuan Bajo, Ardy Santa kepada Kompas.com menjelaskan, pihaknya memamerkan Gula Enak Wajur (GEJUR).

Untuk diketahui bahwa kawasan Kolang di Kabupaten Manggarai Barat merupakan penghasil gula rebok Kolang atau biasa disebut Gola Kolang.

Baca juga: Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Momentum Tingkatkan Kualitas UMKM Lokal

Gola merah yang bersumber dari air enau atau aren yang diolah petani. Selain itu, orang muda Katolik dan Pengurus Dewan Pastoral (DPP) mempromosikan minuman tradisional yakni Sopi Kolang (SOKA) pada Festival religi Golo Koe Labuan Bajo, Manggarai Barat.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

"Ini kesempatan bagus bagi para perajin gula merah atau Gola Kolang, serta perajin minuman tradisional untuk dipasarkan pada peserta festival di Kota Labuan Bajo," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com