Kompas.com - 10/08/2022, 21:31 WIB

BORONG,KOMPAS.com - Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Kabupaten Mabggarai Barat yang diselenggarakan Keuskupan Ruteng menghadirkan aneka kekayaan budaya hingga UMKM lokal.

Ada pelaku UMKM dari 86 Paroki di wilayah pelayanan keuskupan tersebut, melingkupi Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai timur yang mengikuti festival itu sejak Senin, 8 Agustus-15 Agustus 2022.

Pastor Paroki Santo Petrus Colol, Kevikepan Borong, Keuskupan Ruteng, Vitalis Salung kepada Kompas.com, Rabu, (10/8/2022) menjelaskan, mereka fokus mempromosikan keunggulan rasa kopi Colol dam memamerkannya pada Festival Golo Koe.

Baca juga: Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Tonjolkan Kekayaan Budaya dan Spiritual Setempat

"Rasa kopi Colol serta kawasan Colol yang sudah ditetapkan menjadi kawasan agrowisata di Manggarai Timur terus dipromosikan dalam berbagai event di wilayah Pulau Flores," kata Salung.

Tujuannya, sambung dia, agar wisatawan mengetahui keunggulan rasa kopi colol dan berwisata di kawasan Lembah Colol.

"Saya sangat bangga karena satu pegiat kopi Colol, Ronald Igu tampil sebagai pembicara untuk menjelaskan proses tanaman kopi sampai pengolahannya kepada ribuan peserta festival di lokasi waterfront Labuan Bajo," ujar Saling.

Menurut dia, anak muda mampu mempertahankan tanaman kopi, menarasikannya, dan mengolahnya sesuai standar pasar Internasional.

Kopi Colol yang dipamerkan di Festival Golo Koe

Pegiat Kopi Tuk Colol dari Paroki Santo Petrus Colol, Amandus Cahaya Tukeng kepada Kompas.com, Rabu, (10/8/2022) mengatakan, Paroki Santo Petrus Colol dipercayakan untuk memasarkan produk unggulan yaitu Kopi Colol.

Beberapa produk kopi kemasan dari kawasan Lembah Colol yg ikut dalam Festival Golo Koe Labuan Bajo,diantaranya, adalah Kopi Tuk Colol, Kopi Po'ong, Kopi Adak, Ponan Kopi, Ulung Kopi, dan Weras Kopi Colol.

Minum tradisional Kolang disebut Sopi Kolang (SOKA) dipromosikan pada Festival Religi Golo Koe Labuan Bajo, Manggarai Barat dari Senin, (8/8/2022)-Senin, (15/8/2022). (KOMPAS.com/DOK/ROMO ARDY SANTA, Pr)KOMPAS.COM/DOK/ROMO ARDY SANTA, Pr Minum tradisional Kolang disebut Sopi Kolang (SOKA) dipromosikan pada Festival Religi Golo Koe Labuan Bajo, Manggarai Barat dari Senin, (8/8/2022)-Senin, (15/8/2022). (KOMPAS.com/DOK/ROMO ARDY SANTA, Pr)

"Kami berharap festival ini Festival Golo Koe) dilaksanakan tiap tahun oleh Keuskupan Ruteng," tutur dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.