Kompas.com - 09/08/2022, 19:07 WIB

LABUAN BAJO.KOMPAS.com - Festival Golo Koe Labuan Bajo sudah mulai digelar pada Senin (8/8/2022) di Water Front City, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Festival Golo Koe digagas oleh Keuskupan Ruteng dalam rangka mewujudkan pariwisata holistik, yakni berpartisipasi, berbudaya, dan berkelanjutan.

Baca juga: Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Tonjolkan Kekayaan Budaya dan Spiritual Setempat

Uskup Ruteng, Siprianus Hormat mengatakan, pariwisata Labuan Bajo bukan hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang berkelimpahan uang semata, tetapi juga bagi semua masyarakat lokal.

"Pariwisata itu bukan hanya milik orang berduit saja, tapi milik kita semua. Rakyat semua harus diberi akses. Event ini lebih ke arah itu," kata Siprianus saat meninjau pameran produk UMKM masyarakat lokal di Water Front City, Senin.

Baca juga: Wisata Sepanjang Trans Pantai Utara NTT, Labuan Bajo hingga Flores Timur

Ia menjelaskan, panitia pelaksana Festival Golo Koe telah membuka ruang seluas-luasnya bagi para pelaku UMKM dari seluruh Manggarai Raya.

"Kita memberi akses kepada masyarakat lokal. Memberi dampak, agar masyarakat juga ikut bertumbuh secara ekonomi," katanya.

Foto : Waterfront, titik nol kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.Dokumen Kemenparekraf Foto : Waterfront, titik nol kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Ia pun meminta kepada pelaku UMKM Manggarai Raya agar terus meningkatkan kualitas produknya.

Baca juga: Tarif Pulau Komodo Naik, Ini 5 Pilihan Wisata di Labuan Bajo

"Kalau sudah punya akses seperti ini, tingkatkan kualitasnya agar punya nilai tambah, untuk masyarakat sendiri," ujar Siprianus.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Ia melanjutkan, barang-barang berkualitas nantinya tidak hanya sekadar dibeli orang karena belas kasihan, tetapi lebih karena pembeli memang suka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.