Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pameran Baru di Museum MACAN sampai Oktober 2023, Ini Aturannya

Kompas.com - 06/07/2023, 08:14 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) menggelar pameran survei besar karya pasangan seniman Isabel dan Alfredo Aquilizan, hingga awal Oktober 2023, tepatnya Minggu (8/10/2023).

Bertajuk "Somewhere, Elsewhere, Nowhere", pameran ini menampilkan instalasi skala besar, patung, dan seni gambar yang telah dibuat selama lebih dari 20 tahun praktik kolaboratif dari pasangan perupa ini.

Baca juga:

Isabel dan Alfredo dikenal lewat perspektif unik mengenai lingkungan rumah dan keluarga.

Mereka menggabungkan material-material yang mudah ditemukan sehari-hari ke dalam karya mereka, seperti kardus, sandal jepit, sikat gigi, dan selimut. 

"Salah satunya seperti karya sikat gigi bekas ini. Merepresentasikan sikat gigi yang sudah tidak dipakai layaknya bangsa-bangsa yang sudah dikolonisasi, identitasnya sudah hilang," kata Asisten Kurator Museum MACAN Aditya Lingga kepada Kompas.com, Selasa (4/7/2023). 

 

Pameran 'Somewhere, Elsewhere, Nowhere' di Museum MACAN yang digelar 24 Juni-8 Oktober 2023. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pameran 'Somewhere, Elsewhere, Nowhere' di Museum MACAN yang digelar 24 Juni-8 Oktober 2023.

Lingga menjelaskan, bagi Isabel dan Alfredo, material-material tersebut merupakan medium sederhana yang dapat membangkitkan ide-ide mengenai identitas individu, sejarah, perjalanan, dan migrasi.

Sebagai informasi, Museum MACAN berlokasi di AKR Tower Lantai M, Jalan Panjang Nomor 5, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Tempat ini buka setiap Selasa-Minggu, pukul 10.00 WIB-18.00 WIB. Untuk pemesanan tiket bisa dilakukan melalui situs resminya, atau mitra perjalanan yang bekerja sama. 

Baca juga:

Aturan berkunjung di Museum MACAN terbaru

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, Selasa (4/7/2023), berikut beberapa aturan Museum MACAN terbaru yang sebaiknya diperhatikan sebelum berkunjung. 

1. Dilarang menyentuh karya karena tangan yang bersih pun dapat merusak karya.

2. Dilarang membawa/mengonsumsi makanan dan minuman di area pameran. Makanan dan minuman hanya bisa dikonsumsi di restoran dan kafe Museum MACAN, serta pengunjung juga tidak diizinkan membawa dari luar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com