Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2022, 17:29 WIB

KOMPAS.com - "The Soul Trembles" merupakan pameran tunggal terbesar Chiharu Shiota, seorang perupa asal Jepang yang tinggal di Jerman. Pameran ini ditampilkan di Museum MACAN, Jakarta Barat, mulai Sabtu (26/11/2022) hingga Minggu (30/4/2023).

Berkolaborasi dengan Mori Art Museum Jepang, pameran ini memajang sekitar 100 karya Shiota berupa patung, video performance (video pertunjukan), seni gambar, dan instalasi besar.  

Baca juga:

Karya-karya tersebut memiliki makna dan arti mendalam mengenai jiwa manusia. Ia juga mengekspresikan pemikiran dan emosi personalnya terkait isu-isu yang sulit disampaikan oleh kata-kata, seperti kematian, ketiadaan, ketakutan, mimpi, dan keheningan.

Jika penasaran, berikut beberapa bagian kecil dari instalasi yang bermakna dan bisa kamu temukan dalam pameran "Chiharu Shiota: The Soul Trembles".

Karya sarat makna di Chiharu Shiota: The Soul Trembles

1. In The Hand

In The Hand, salah satu instalasi dalam pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles di Museum MACAN, 26 November - 30 April 2023.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI In The Hand, salah satu instalasi dalam pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles di Museum MACAN, 26 November - 30 April 2023.

Persis di bagian depan pintu masuk, terdapat karya berjudul In the Hand yang dibuat pada 2017. 

Karya seni patung ini berbentuk dua tangan yang membawa sebuah obyek abstrak. Dari informasi yang tertera, bahannya berasal dari perunggu, kuningan, kunci, kawat, dan pernis, berukuran 38x31x42 sentimeter. 

Asisten Kurator Museum MACAN Asri Winata mengatakan bahwa karya ini berada di depan karena menyimpulkan esensi keseluruhan pameran ini. 

"Dari karya ini, bisa terlihat bagaimana jiwa atau soul itu bergetar, dan sang seniman berusaha menyerap esensi dari getaran-getaran jiwa," ujar Asri saat media tour di Museum MACAN, Jakarta Barat, Kamis (24/11/2022). 

2. Uncertain Journey

Pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles yang ditampilkan di Museum MACAN pada 26 November 2022 - 30 April 2023.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles yang ditampilkan di Museum MACAN pada 26 November 2022 - 30 April 2023.

Masuk ke ruangan instalasi besar di bagian awal, Shiota menampilkan karya replika perahu yang berisi benang merah. Melalui karya ini, ia mengangkat ide tentang perjalanan kehidupan yang tidak memiliki tujuan konkret.

Baca juga: Merenungi Arti Kehidupan lewat Pameran Chiharu Shiota di Museum MACAN

Jika benang merah dinilai sebagai lambang darah dan hubungan antar manusia, perahu-perahu diibaratkan sebagai media yang membawa manusia dalam perjalanan yang penuh ketidakpastian.

"Merah menyimbolkan banyak hal terkait kehidupan, darah, koneksi, dan memori. Untuk benangnya memiliki kaitan dengan kata koneksi. Sementara, kapal menggambarkan pergerakan, perjalanan, yang mengangkut memori," tutur Asri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+