Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2022, 14:12 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia. Gunung setinggi 2.900 meter ini secara admnistratif berada di sejumlah wilayah dalam Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Meskipun kerap mengalami erupsi, namun pesona Gunung Merapi tidak pudar. Obyek wisata di lereng Gunung Merapi menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan dari penjuru Indonesia. 

Sembari berwisata, para traveler juga bisa menikmati kemegahan Gunung Merapi. 

Baca juga: 5 Tempat Wisata Ini Tunjukkan Dahsyatnya Erupsi Merapi

Tempat wisata di lereng Gunung Merapi 

Kompas.com telah merangkum wisata lereng Gunung Merapi sebagai berikut. 

1. The Lost World Castle

Konsep dari tempat wisata ini adalah menghadirkan dunia dongeng yang hilang, seperti dikutip dari Kompas.com (28/2/2022). Jadi, The Lost  World Castle sangat cocok untuk wisata keluarga bersama anak-anak. 

Adapula spot foto unik, seperti replika tembok China, stonehenge, kapal bajak laut, dan rumah pohon. 

The Lost World Castle juga menyediakan berbagai wahana permainan seru yang dapat dicoba oleh anak-anak maupun dewasa. Lokasinya berada di  Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca juga: The Lost World Castle di Yogyakarta, Sensasi Wisata ke Dunia yang Hilang

The Lost World CastleInstagram @thelostworldcastle The Lost World Castle

2. Merapi Park

Merapi Park adalah taman rekreasi yang menghadirkan miniatur landmark paling terkenal di dunia. 

Mengutip dari situs resminya, Merapi Park memiliki sejumlah wahana. Meliputi, The World Landmark yang merupakan taman bunga dengan replika landmark dari berbagai negara seperti Big Ben (London), Menara Eiffel (Paris), Temple of Heaven (China), dan lainnya. 

Adapula wahana Kids Waterpark, Cowboy Town, Dino Park, dan sebagainya. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang No.KM. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Baca juga: Rute ke Merapi Park, Wisata Miniatur Ikon Dunia di Yogyakarta

Merapi Park Yogyakarta.https://pesona.travel Merapi Park Yogyakarta.

3. Lava Tour Merapi 

Lava Tour Merapi adalah jenis wisata adventure menggunakan mobil jeep mengeliling lereng Gunung Merapi serta bekas aliran lahar dingin. Dalam perjalanan, wisatawan juga akan diajak mengunjungi sejumlah destinasi wisata. 

Mengutip Kompas.com (2/6/2021), terdapat tiga paket tour yang dapat dipilih oleh wisatawan. Meliputi, paket short route dengan tarif mulai Rp 350.000 per jeep, paket medium route mulai dari  Rp 450.000 per jeep, dan paket long route mulai dari Rp 550.000 per jeep. 

Adapun tempat wisata yang disinggahi selama rute perjalanan antara lain Museum Sisa Hartaku, Bunker Kaliadem, Batu Alien, bekas rumah Mbah Maridjan di Desa Kinah Rejo, dan sebagainya. 

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Yogyakarta, Ada Lava Tour Merapi

Wisatawan mengendarai mobil jip saat mengikuti wisata lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (17/5/2013). Wisata mengunjungi daerah bekas aliran lava erupsi Merapi ini dipungut biaya Rp 300.000 - Rp 500.000 per trip.KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengendarai mobil jip saat mengikuti wisata lava tour di kaki Gunung Merapi, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (17/5/2013). Wisata mengunjungi daerah bekas aliran lava erupsi Merapi ini dipungut biaya Rp 300.000 - Rp 500.000 per trip.

4. Bunker Kaliadem 

Bunker Kaliadem dibangun pada 2001 oleh Pemerintah Kabupaten Sleman, seperti dikutip dari Kompas.com (29/5/2022). Fungsinya adalah untuk tempat persembunyian bagi warga setempat saat erupsi Gunung Merapi.

Namun, saat Gunung Merapi erupsi pada 2006 lalu dua warga justru ditemukan tewas di dalam bunker. Diduga mereka terjebak di dalam bunker dan tewas karena suhu udara yang sangat tinggi. 

Sejak saat itu, pemerintah memutuskan tidak menggunakan bunker sebagai tempat berlindung saat erupsi. Kemudian, pada 2010 ketika Gunung Merapi meletus Bunker Kaliadem tertimbun material Merapi setebal empat meter. 

Tiga tahun kemudian, bunker tersebut berhasil digali. Hingga saat ini, Bunker Kaliadem menjadi obyek wisata di lereng Gunung Merapi

Baca juga: Wisata ke Kawasan Bunker Kaliadem Yogyakarta Tidak Harus Sewa Jip

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+