Kompas.com - 24/11/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) di Jakarta Barat akan membuka pameran tunggal seniman asal Jepang Chiharu Shiota pada 26 November 2022 sampai 30 April 2023.

Bertajuk "Chiharu Shiota: The Soul Trembles", ini menjadi pameran tunggal Chiharu Shiota yang terbesar. Tak hanya itu, The Soul Trembles sejauh ini menjadi satu-satunya di Asia Tenggara.

“Saya sangat senang hadir di sini. Ini adalah pameran tunggal pertama saya di Indonesia,” ujar Shiota dalam jumpa pers "Chiharu Shiota: The Soul Trembles" di Museum MACAN, Jakarta Barat, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Rute ke Museum MACAN Jakarta Barat, Bisa Naik Transjakarta

Shiota pun mengatakan bahwa melalui karya-karya yang ditampilkan di Museum MACAN, ia ingin terhubung dengan para pencinta seni di Tanah Air dan membawa mereka merasakan hal berbeda.

“Saya rasa seni adalah bagian penting dari hidup kita dan saya akan merasa tersanjung jika kalian dapat melihat karya-karya saya selama 30 tahun ini dan merasakan jiwa bergetar,” imbuh perempuan yang lahir di Osaka pada 1972 silam.

Tampilkan karya sejak tahun 1990-an

Dikurasi oleh Direktur Mori Art Museum di Tokyo Mami Kataoka, The Soul Trembles menampilkan ratusan karya sepanjang 30 tahun praktik sang perupa sejak tahun 1990-an.

Dalam pameran ini, terdapat beragam karya Shiota, mulai dari lukisan, gambar, patung, dokumenter, foto, video performance, instalasi besar, hingga tata panggung.

Baca juga: 5 Tips Wisata ke Museum MACAN Jakarta, Jangan Bawa Kamera

Melalui karya-karya tersebut, Shiota banyak mengangkat pengalamannya sendiri sebagai seorang seniman.

Ia juga mengeksplorasi tema sosial dan budaya, seperti kehidupan, kematian, masa depan, kebebasan, kecemasan, ketidakpastian, hingga kesunyian.

Keunikan pameran The Soul Trembles

Mami Kataoka menuturkan, setelah berkeliling ke negara di kawasan Asia Pasifik, The Soul Trembles hadir pertama kalinya di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.