Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Menyibak Keindahan 5 Wilayah di Indonesia yang Tawarkan Wisata Alam Menawan

Kompas.com - 25/07/2023, 15:57 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia adalah salah satu negara kepulauan di dunia yang kaya akan keindahan alam serta keunikan budaya yang memikat. Mulai dari Sabang hingga Merauke, obyek wisata di Tanah Air memiliki panorama alam menawan yang tak terlupakan bagi wisatawan.

Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, setiap 100.0000 kilometer persegi, Indonesia memiliki lanskap alam yang menawan, seperti pegunungan, gunung berapi, hutan tropis, terumbu karang, danau, serta lembah.

Tak heran, banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, berbondong-bondong menelusuri setiap daerah di Nusantara untuk menikmati anugerah alam yang memukau.

Berikut adalah lima daerah dengan destinasi wisata terbaik di Indonesia yang wajib disambangi.

Baca juga: Potensi Pariwisata 5 DSP dan 8 KEK di Indonesia, Pantai hingga Candi

1. Bali - surga Pulau Dewata

Pantai Kuta menjadi salah satu destinasi paling ikonik di Pulau Dewata, Bali. Pasir putih yang lembut, deburan ombak, dan panorama matahari terbenam yang memukau, menjadi magnet tersendiri bagi para peselancar serta pencinta pantai.

Tidak hanya itu, Pantai Kuta juga menawarkan deretan tempat hiburan serta restoran tepi laut dengan hidangan seafood yang menggugah selera. Wisatawan pun bakal dimanjakan saat berlibur ke Pantai kuta.

Destinasi wisata di Bali yang tak kalah menarik adalah Tanah Lot. Obyek wisata berupa pura ini terletak di atas batu karang besar di tepi laut.

Pemandangan matahari terbenam di Tanah Lot merupakan momentum yang ditunggu-tunggu para wisatawan. Keunikan lokasi pura ini menjadikannya sebagai salah satu ikon budaya Bali yang paling terkenal.

Baca juga: Solo Bakal Punya 3 Shuttle Bus Khusus Destinasi Wisata, Catat Rutenya

2.   Yogyakarta - pesona sejarah dan budaya

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi megah ini dibangun oleh Raja Samaratungga dari dinasti Syailendra pada abad ke 8.

Struktur arsitektur megah dengan pahatan ukiran yang menakjubkan, menjadikan Candi Borobudur sebagai salah satu tempat paling mengesankan di Nusantara.

Obyek wisata berikutnya di Yogyakarta yang patut disambangi adalah Keraton Yogyakarta. Obyek wisata ini merupakan istana resmi Sultan Yogyakarta sekaligus simbol kebudayaan Jawa yang kaya.

Saat bertandang ke sana, Anda dapat menyaksikan beragam kegiatan seni dan budaya tradisional khas Jawa, seperti tari, wayang kulit, dan gamelan.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Lokal Favorit Versi Kompetisi Agoda, Ada Wakatobi

3. Raja Ampat - surga bawah laut

Raja Ampat terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Untuk diketahui, Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat. Kabupaten ini sedikitnya memiliki empat pulau besar, yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.

Selain pulau besar, Raja Ampat juga memiliki 1.847 pulau kecil. Terumbu karang yang berwarna-warni serta keanekaragaman hayati, khususnya biota laut, menjadikan Raja Ampat sebagai surga bagi para penyelam dan pecinta snorkeling.

Obyek wisata yang tak kalah menawan di Raja Ampat adalah Pianemo. Destinasi ini merupakan gugusan pulau karst yang terkenal dengan pemandangan alam menakjubkan.

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com