Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Dusun Bambu di Lembang, Naik Shuttle Gratis sampai Bus

Kompas.com - 02/11/2023, 16:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dusun Bambu Lembang menyediakan jasa transportasi shuttle gratis bagi penumpang Kereta Cepat Whoosh yang turun di Stasiun Padalarang dan ingin menuju tempat wisata tersebut.

Layanan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara tempat wisata dengan Kereta Cepat, serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat.

"Sudah kami kerja samakan, kami koordinasikan dengan beberapa tempat wisata, misalnya Farmhouse, The Great Asia Africa, Dusun Bambu, dan mereka responsnya bagus," kata Disparbud KBB Panji Hermawan, kepada Kompas.com, Senin (30/10/2023).

Baca juga: Ke Dusun Bambu Lembang Bisa Naik Shuttle dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang

Ia melanjutkan, bentuk kerjasama Dusun Bambu adalah menyiapkan moda transportasi penghubung dari stasiun Kereta Cepat Whoosh guna memudahkan wisatawan.

"Mereka mempersiapkan semacam moda transportasi seperti roda empat atau yang lainnya untuk menuju ke tempat mereka," imbuh dia.

Cara ke Dusun Bambu

Selain shuttle gratis yang sudah disediakan, ada juga beberapa pilihan transportasi lain yang bisa dimanfaatkan. Berikut cara ke Dusun Bambu di Lembang naik transportasi umum: 

1. Naik shuttle gratis

Wisata Dusun Bambu berlokasi di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Jarak Dusun Bambu dengan Stasiun Kereta Cepat Padalarang adalah sekitar 13 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Mulai akhir Oktober 2023, wisatawan yang ingin ke Dusun Bambu dari Kereta Cepat Whoosh bisa memanfaatkan layanan shuttle gratis yang tersedia setiap hari.

Dusun Bambu, Bandung, Jawa Barat  SHUTTERSTOCK/TUKANG PHOTOSTOCK Dusun Bambu, Bandung, Jawa Barat

“Anda tidak perlu repot-repot mencari transportasi lagi, karena kami telah menyediakan solusi yang praktis untuk mengantar Anda ke destinasi impian Anda,” demikian kutipan dari Instagram resmi Dusun Bambu (@dusun_bambu).

Adapun untuk estimasi waktu tempuh Stasiun Padalarang ke Dusun Bambu adalah sekitar 40 menit, sedangkan dari Dusun Bambu ke Stasiun Padalarang sekitar 35 menit.

Baca juga: 8 Wisata Dekat Dusun Bambu Lembang, Ada Air Terjun dan Kebun Binatang

Dalam sehari, ada empat kali perjalanan dari Stasiun Padalarang ke Dusun Bambu dan tiga kali perjalanan dari Dusun Bambu ke Padalarang. Berikut jadwalnya:

  • Stasiun Padalarang-Dusun Bambu: Pukul 09.20, 10.55, 13.35, dan 16.05 WIB
  • Dusun Bambu-Stasiun Padalarang: Pukul 12.15, 15.00, dan 17.45 WIB

Syarat naik shuttle gratis Stasiun Padalarang-Dusun Bambu

Berikut syarat dan ketentuan naik shuttle gratis Stasiun Padalarang-Dusun Bambu pp:

  1. Tiket gratis ini hanya berlaku untuk pemegang tiket Halim-Padalarang
  2. Tiket berlaku sampai dengan H+14 dari keberangkatan Whoosh (contoh: Berangkat tanggal 1 namun belum bisa ke datang ke Dusun Bambu. Kemudian, tanggal 14 bisa ke Dusun Bambu menggunakan tiket pada tanggal 1)
  3. Promo ini berlaku mulai tanggal 19 Oktober 2023 hingga batas waktu yang saat ini belum dapat ditetapkan
  4. Caranya dengan menunjukkan tiket Kereta Cepat Whoosh (berlaku weekend dan weekday)

Perlu diketahui, satu shuttle bus hanya berisi 17 kursi. Untuk pendaftaran kursi shuttle dapat menghubungi Whatsapp di nomor 0815-6380-8021.

2. Naik bus atau kereta feeder dari Stasiun Padalarang

Alternatif selain shuttle bus adalah dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang, bisa naik ojek online sejauh 13 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Harganya berkisar Rp 70-Rp 90.000an untuk kendaraan roda empat. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com