Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Whoosh Bikin Ramai Beberapa Wisata di Bandung Barat

Kompas.com - 31/10/2023, 11:11 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehadiran Kereta Cepat Whoosh yang mempersingkat waktu perjalanan Jakarta-Bandung, dikatakan mulai meningkatkan kunjungan wisatawan dan menggenjot pariwisata daerah sekitar. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Panji Hermawan.

Menurut dia, mulai ada keramaian di beberapa tempat wisata di Bandung Barat, khususnya Lembang dibandingkan sebelum ada Kereta Cepat Whoosh.

Baca juga: Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh Gratis Masuk Destinasi Wisata, Ini Caranya

"Dari sisi statistik, kami belum bisa melihat. Namun dari sisi lapangan, sudah keliatan memang (lebih ramai)," ujar Panji saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/10/2023). 

Ia menjelaskan, untuk angka pasti masih harus metunggu lebih lama selama beberapa bulan ke depan, apalagi Kereta Cepat Whoosh baru beroperasi kurang dari sebulan lalu. 

Namun, kata Panji, kehadiran Kereta Cepat Whoosh sebagai alat tranportasi alternatif dengan waktu perjalanan relatif singkat, cukup membantu kedatangan wisatawan. 

Panji mengatakan, wisatawan yang hendak berwisata ke Bandung Barat, terlebih Lembang dan sekitarnya, bisa turun di Stasiun Kereta Cepat Padalarang. 

Baca juga: 12 Tempat Wisata Dekat Stasiun Kereta Cepat Whoosh 

"Makanya di (Stasiun) Padalarang ini, aksesibilitasnya sangat memadai untuk kami breakdown wisatawan. Khsusunya ke daerah Lembang karena potensi Bandung Barat kebanyakan wisatawannya masuk ke daerah Lembang," terang dia. 

Kerja sama dengan tempat-tempat wisata

Lebih lanjut, Panji mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan para pengelola wisata di Lembang untuk senantiasa menyambut dan menjadi tuan rumah yan baik untuk menerima kunjungan wisatawan.

"Sudah kami kerja samakan, kami koordinasikan dengan beberapa tempat wisata, misalnya Farmhouse, The Great Asia Africa, dan mereka responnya bagus," kata Panji. 

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Tambah hingga 28 Perjalanan per November, Tarif Rp 150.000

Meski masih belum meluas dan dilakukan secara masif, Panji mengaku sejumlah destinasi wisata di Lembang telah bekerja sama, salah satunya dengan mempersiapkan moda transportasi penghubung dengan stasiun Kereta Cepat Whoosh.

Saat ini, dari pantauan Kompas.com, sudah ada Dusun Bambu yang menyediakan shuttle bus gratis dari Stasiun Padalarang ke Dusun Bambu.

Bangunan-bangunan berkonsep arsitektur ala Eropa yang ada di Farmhouse, Lembang.SHUTTERSTOCK/VERBEE Bangunan-bangunan berkonsep arsitektur ala Eropa yang ada di Farmhouse, Lembang.

"Mereka mempersiapkan semacam moda transportasi seperti roda empat atau yang lainnya untuk menuju ke tempat mereka," imbuh dia. 

Adapun jarak dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang menuju beberapa tempat wisata populer di Lembang atau KBB lainnya termasuk cukup dekat.

Baca juga: Dusun Bambu Lembang: Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas

Rata-rata jaraknya adalah 13-25 km dengan waktu tempuh mulai dari 30 menit hingga kurang dari satu jam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com