Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Dekat Dusun Bambu Lembang, Ada Air Terjun dan Kebun Binatang

Kompas.com - 29/07/2023, 16:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana berwisata ke Dusun Bambu? Jika iya, kamu bisa juga menjelajahi wisata dekat Dusun Bambu atau lebih dikenal sebagai Dusun Bambu Lembang.

Dengan konsep one stop leisure, Dusun Bambu menawarkan paket wisata komplit, meliputi, restoran khas Sunda, penginapan, wahana, danau, serta pemandangan alam yang menawan.

Baca juga:

Namun demikian, wisatawan bisa berkunjung ke tempat wisata dekat Dusun Bambu lantara lokasinya dikelilingi wisata populer di kawasan Lembang, Bandung Barat.

Dusun Bambu Lembang, BandungDok. http://dusunbambu.id/ Dusun Bambu Lembang, Bandung

Sebagai informasi, harga tiket masuk Dusun Bambu Bandung adalah Rp 20.000 per orang pada Senin-Jumat (weekday) dan Rp 30.000 pada pada akhir pekan (weekend) dan libur nasional, berdasarkan informasi dari akun Instagram, @dusun_bambu.

Sedangkan, harga tiket masuk Dusun Bambu Bandung pada peak season seperti libur sekolah, Lebaran, Natal, dan tahun baru adalah Rp 40.000 per orang.

Harga tiket di atas, tentunya belum termasuk tarif sejumlah wahana berbayar, restoran, maupun penginapan di dalam Dusun Bambu Bandung.

Wisata dekat Dusun Bambu Lembang 

Kompas.com merangkum tempat wisata dekat Dusun Bambu Lembang, sebagai berikut: 

1. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat, Lembang, BandungDok. http://www.curugtiluleuwiopat.com Curug Tilu Leuwi Opat, Lembang, Bandung

Curug berarti air terjun, sedangkan leuwi bermakna lubuk atau bagian dalam di sungai. Bagi pencinta wisata alam, tidak ada salahnya mampir ke Curug Tilu Leuwi Opat saat berkunjung ke Dusun Bambu.

Jaraknya hanya sekitar 2,6 kilometer (km) atau 16 menit berkendara. Wisata alam ini berada di Jalan Kampung Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Di area seluas 5 hektare, pengunjung akan menjumpai empat curug, meliputi Curug Tilu, Curug Aseupan, Curug Citulang, dan Curug Cilaki. Selain itu, ada empat leuwi, yakni Leuwi Gentong, Leuwi Baeud, Leuwi Bagong, dan Leuwi Kacapi.

2. Curug Pelangi 

Ada curug lain di dekat Dusun Bambu, yakni Curug Pelangi. Curug setinggi 71 meter ini, cukup populer di kalangan wisatawan karena menawarkan pemandangan yang indah.

Diberi nama Curug Pelangi, lantaran aliran air yang deras tersebut akan berwarna-warni bak pelangi di malam hari. Daya tarik lainnya adalah panorama alam yang asri serta keberadaan monyet di sekitar curug.

Jika ingin berkunjung lokasinya berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Obyek wisata ini hanya berjarak 1,4 km atau 7 menit dari Dusun Bambu.

Baca juga:

3. Lembang Park & Zoo

Lembang Park & ZooDok. Lembang Park & Zoo Lembang Park & Zoo

Jika berwisata bersama anak-anak, kamu bisa mengajak mereka bermain di Lembang Park & Zoo. Jaraknya sekitar 4,3 km atau 20 menit dari Dusun Bambu.

Kebun binatang seluas 20 hektar ini, beralamat di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Lembang. Pengunjung bisa menyaksikan sekitar 370 ekor satwa di Lembang Park & Zoo.

Di Lembang Park & Zoo, wisatawan bisa berinteraksi dengan satwa tersebut. Memadukan konsep kebun binatang dan taman bermain, wisatawan juga akan menemukan banyak wahana dan spot foto Instagramable.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com