Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2023, 16:16 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berkeliling ibu kota Jakarta dan sekitarnya bisa dilakukan sambil menaiki bus wisata gratis dari PT Transjakarta. 

Telah ada sejak 2014, bus wisata tingkat Jakarta ini sempat mengalami beberapa perubahan jadwal dan waktu operasional, karena menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Terutama saat pandemi, bus wisata Jakarta sempat berhenti selama kurang lebih dua tahun sebelum kembali beroperasi di 2022. 

Baca juga: Bus Wisata Jakarta Punya Rute Baru, Beroperasi Setiap Hari

Terkini, bus wisata Transjakarta memiliki empat rute berbeda yang melayani tujuh hari dalam seminggu yaitu Senin-Minggu, setiap pukul 10.00-17.00 WIB. 

Sejak 29 Oktober 2023, keempat rute tersebut adalah BW 1 (Sejarah Jakarta), BW4 (Pencakar Langit), BW9 (Kota Tua-PIK), dan BW10 (Monas Explorer). 

Menjajal rute Kota Tua-PIK

Pemandangan di sebelah Halte Kali Besar, halte tempat menunggu bus wisata Transjakarta BW9. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pemandangan di sebelah Halte Kali Besar, halte tempat menunggu bus wisata Transjakarta BW9.
Pada Jumat (10/11/2023) siang lalu, Kompas.com memutuskan untuk mencoba bus wisata gratis menuju kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara dan berbatasan dengan Tangerang.

Rute bus BW9 adalah berangkat dari Kali Besar 1, melewati Buddha Tzu Chi, Gold Coast, Food Street, PIK 2 Pantjoran, Melody Golf, Pantai Maju, Melody Golf 2, Seberang Food Street, The Piano, Fresh Market PIK, PIK Avenue, dan kembali ke Kali Besar. 

Baca juga: Pengalaman Berkunjung ke Taman Langsat, Tempat Healing Murah di Jakarta

Sekitar pukul 14.30 WIB, Kompas.com tiba di halte Kali Besar, di belakang Museum Fatahillah. Siang itu, nampak dua bus wisata tingkat yang sedang terparkir di dekat halte, persis berseberangan dengan Toko Merah. 

Bus tersebut nampaknya baru saja kembali. Sehingga, sambil menunggu penumpang yang ingin naik, petugas Transjakarta mengatakan bahwa BW9 baru akan berangkat sekitar pukul 15.10 WIB. 

Kartu uang elektronik untuk naik bus wisata Transjakarta. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Kartu uang elektronik untuk naik bus wisata Transjakarta.

Sambil menunggu, penumpang bisa menikmati jajanan yang ada di pinggir halte, seperti minuman rasa atau telur gulung.

Bisa juga berfoto-foto di Kali Besar yang bernuansa zaman dulu nan estetis. 

Tak lama, akhirnya bus wisata Transjakarta BW9 pun berangkat. Kompas.com segera melakukan tap in dan tap out menggunakan kartu uang elektronik di mesin yang ada di dalam bus, lalu bergegas mencari tempat duduk. 

Baca juga: Nonton Konser Coldplay di Jakarta, Mampir ke 8 Wisata Gratis Dekat GBK

Lantai pertama bus wisata Transjakarta sudah cukup penuh diisi beberapa penumpang, yang sebagian besar adalah orangtua. Oleh karena itu, Kompas.com segera naik ke atas, dan rupanya di atas masih cukup sepi. 

@kompastravel

 

? Powerful songs like action movie music - Tansa

Halaman Berikutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com