Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Wisata Jakarta Punya Rute Baru, Beroperasi Setiap Hari

Kompas.com - 01/11/2023, 13:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bus Wisata Jakarta atau Bus Jakarta Explorer, bus tingkat gratis yang dikelola oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) beroperasi setiap hari mulai Senin (30/10/2023. 

Saat ini, ada 12 bus tingkat yang dikelola sebagai sarana transportasi wisata. Bus tingkat ini dapat digunakan secara gratis oleh seluruh warga di ibu kota.

"Kami per hari Senin (30/10/2023) kemarin sudah beroperasi tiap hari, total unit bus semua rute ada 12 unit," kata Koordinator Layanan Khusus Bus Wisata Jakarta, Deni Setiawan, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/11/2023). 

Baca juga: Jakarta Masuk Rekomendasi Destinasi 2024 Versi Lonely Planet

Semua rute bus wisata Transjakarta kini beroperasi setiap Senin-Minggu, pukul 10.00 sampai 17.00 WIB.

Menurut admin Instagram resmi Transjakarta, waktu tunggu rute bus wisata sekitar 40-45 menit tergantung situasi lalu lintas yang dilalui.

Pengunjung dapat menaiki bus wisata secara gratis, hanya tinggal melakukan tap in/tap out menggunakan kartu di mesin yang ada di dalam bus wisata.

"Untuk dapat menggunakan layanan Bus Wisata bisa menggunakan kartu flazz, e-money, brizzi, tapcash, jakcard, dan kartu berlogo Jak Lingko dengan tarif Rp 0," kata Deni. 

Baca juga: Naik Bus Wisata Gratis Monas-PIK, Bisa dari 2 Halte Ini

Rute bus wisata Jakarta terbaru

Dikutip dari laman Peta Rute Bus Wisata Transjakarta, bus wisata (BW) yang beroperasi saat ini ada empat rute, berikut rinciannya:

  • BW1: Sejarah Jakarta (Juanda Istiqlal-Museum Bank Indonesia-Kali Besar Barat 1-Juanda Istiqlal)
  • BW4: Pencakar Langit (IRTI-Balai Kota 1-MH Thamrin 1-Wisma Nusantara-Tosari 1-Dukuh Atas 3-Karet Sudirman 1-Gelora Bung Karno 1-Bundaran Senayan 3-FX Sudirman-GBK Pintu 7-Tosari 2-Plaza Indonesia-MH Thamrin 2-Museum Nasional-Pecenongan 1-Pasar Baru Gedung Kesenian Jakarta-Monas 1-Monas 3-IRTI)
  • BW9: Kota Tua-PIK (Kali Besar 1-Buddha Tzu Chi-Gold Coast-Food Street-PIK 2 Pantjoran-Melody Golf-Pantai Maju-Melody Golf 2-Seberang Food Street-The Piano-Fresh Market PIK-PIK Avenue-Kali Besar 1)
  • BW10: Monas Explorer (IRTI-Gambir 2-Gambir 1-Juanda Iqtiqlal-Monas 1-Monas 2-Monas 3-IRTI)

Baca juga: 6 Toko Buku Instagramable di Jakarta yang Bikin Pengunjung Betah   

"Untuk bus atap terbuka biasanya rute BW4, tapi ada rencana untuk diubah ke rute BW10. Namun masih menunggu informasi selanjutnya," kata Deni. 

Penumpang bisa menaiki bus wisata sesuai titik pemberhentian atau pemberhentian rute masing-masing.

Namun, dianjurkan untuk berangkat dari halte pertama agar bisa merasakan satu perjalanan penuh dan biasanya kursi juga lebih kosong. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com