Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Perayaan Tahun Baru Imlek 2024 di Hong Kong, Lihat Pertunjukkan Kembang Api

Kompas.com - 05/02/2024, 17:05 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika sedang berada di Hong Kong saat Tahun Baru Imlek 2024, jangan lewatkan untuk melihat beragam perayaan Imlek di sana.

Seperti yang diketahui, Malam Tahun Baru Imlek 2024 diperingati pada 10 Februari menurut kalender Masehi.

Biasanya kemeriahan perayaan Imlek tidak hanya berlangsung saat itu saja, tetapi juga berlanjut hingga beberapa hari berikutnya.

Baca juga: Jelang Imlek, Patung Dewa-dewi di Kelenteng Hok Tek Bio Salatiga Dibersihkan Pakai Air Hujan

Perayaan Imlek di Hong Kong

Berikut daftar perayaan Imlek 2024 di Hongkong, dikutip dari informasi resmi Hong Kong Tourism Board (HKTB):

1. Cathay International Chinese New Year Night Parade

Usai vakum selama lima tahun, acara Tahun Baru Imlek terbesar yaitu Cathay International Chinese New Year Night Parade kembali digelar pada 10 Februari 2024.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Parade ini nantinya akan melintasi kawasan wisata popular Tsim Sha Tsui, dimeriahkan oleh pengisi acara dari seluruh dunia, tidak ketinggalan parade kendaraan hias. Rangkaian kegiatan ini digelar mulai pukul 19.00 sampai pukul 20.45 waktu setempat.

2. Pertunjukkan Kembang Api Tahun Baru Imlek 2024

Pada perayaan Imlek 2024, akan ada pertunjukkan kembang api Tahun Baru Imlek 2024 di kawasan wisata Victoria Harbour, Hong Kong.

Ilustrasi pertunjukan kembang api saat malam pergantian tahun di Hong Kong.Dok. Hong Kong Tourism Board Ilustrasi pertunjukan kembang api saat malam pergantian tahun di Hong Kong.

Layaknya pertukaran tahun pada akhir Desember dalam kalender Masehi, kemeriahan tersebut juga akan dirasakan saat pergantian Tahun Baru Imlek 2024.

Baca juga: Apakah Busana Imlek Harus Berwarna Merah?

Wisatawan yang hendak menyaksikan kembang api bisa mengambil posisi terbaik di dekat kawasan pelabuhan pada malam hari. Pertunjukkan kembang api saat Tahun Baru Imlek akan dilaksanakan pada 11 Februari 2024.

3. Festival lampion

Mulai 10 Februari sampai 24 Februari 2024 mendatang di Hong Kong akan ada pertunjukkan festival lampion.

Ilustrasi lampion merah untuk dekorasi Imlek.Shutterstock/Pichaya Pureesrisak Ilustrasi lampion merah untuk dekorasi Imlek.

Pada zaman dahulu, festival ini mirip dengan Hari Valentine di Tiongkok. Pada saat itu, para perempuan lajang diizinkan berjalan-jalan dengan bebas dan bertemu dengan calon pasangannya tanpa perlu diawasi.

Baca juga: Hiasan dan Amplop Angpau untuk Imlek Jadi Incaran di Glodok

Saat ini, festival lampion di Hong kong juga merupakan hari bagi orang yang saling mengasihi untuk merayakan dan berkumpul sembari menikmati bola ketan, memecahkan teka teki di lampion, dan melihat bulan purnama pertama pada Tahun Baru Imlek.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com