Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap ke Pecinan Glodok, Pilihan Wisata Jelang Imlek

Kompas.com - 24/01/2024, 11:20 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan Glodok disebut juga sebagai Pecinan Jakarta, alasannya karena di sana banyak ditemui masyarakat keturunan Tionghoa.

Bukti keberadaan orang Tionghoa di Pecinan Glodok bisa dilihat dari banyaknya rumah, pertokoan, hingga restoran khas China di sepanjang area.

Kawasan ini bisa dikunjungi pada hari biasa untuk sekadar tur wisata ataupun tur kuliner. 

Namun, berkunjung ke kawasan Pecinan Glodok jelang Imlek sepertinya terasa lebih istimewa karena kemeriahan Imlek begitu kental di sana.

Jika tertarik berkunjung ke Pecinan Glodok dalam waktu dekat, simak panduannya berikut.

Baca juga:

Panduan lengkap ke Pecinan Glodok

Lokasi Glodok, Jakarta Barat

Kawasan wisata Pecinan Glodok berlokasi di Jalan Pancoran RT 2/ RW 1, Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Lokasinya cukup strategis karena dekat dengan akses KRL Commuter line dan bus Transjakarta.

Adapun stasiun KRL terdekat dari kawasan Pecinan Glodok yaitu Stasiun Jakarta Kota, sementara halte terdekat yaitu Halte Glodok. 

Jam operasional Glodok 

Kawasan Pecinan Glodok bisa dikunjungi setiap hari. Bagi wisatawan yang hendak berburu perlengkapan Imlek ataupun menjajal wisata kuliner di sepanjang trotoar Pecinan Glodok, bisa datang mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Khusus wisatawan yang hendak berkunjung ke kawasan Petak Enam saja, Senin sampai Jumat tempat ini buka mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Saat akhir pekan, buka mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 21.00 WIB. 

Pengunjung sedang melihat pernak pernik di kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat, Kamis (18/1/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Pengunjung sedang melihat pernak pernik di kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat, Kamis (18/1/2024).

Baca juga: Cara ke Pecinan Glodok Naik KRL dan Transjakarta

Cara berkunjung ke Glodok 

Jika hendak berkunjung ke Pecinan Glodok dalam waktu dekat, disarankan untuk datang dengan menumpangi transportasi umum. 

Pasalnya jalanan di kawasan Pecinan Glodok jelang Imlek cukup ramai sehingga cukup sulit mencari area parkir. Ditambah, lalu lintas di sana sudah satu arah. 

Jika naik KRL, wisatawan bisa turun di Stasiun Jakarta Kota lalu jalan kaki ke Pecinan Glodok. Jarak kedua lokasi ini sekitar 650 meter dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Sementara jika naik bus Transjakarta, wisatawan bisa turun di Halte Glodok. Dari pintu keluar Halte Glodok, ambil jalan ke arah kanan dan menyusuri trotoar sekitar 300 meter untuk sampai di gerbang masuk.

Baca juga: Cara ke Glodok Naik Transjakarta dari arah Monas dan Blok M

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com