Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Pramugara Mengenakan "Make-up"?

Kompas.com - 08/03/2017, 10:17 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Jika pramugari mengenakan make up selama bekerja, bagaimana dengan pramugara? Sejatinya awak kabin harus menerapkan grooming atau memperhatikan penampilan secara serasi dan pantas mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Hal ini berarti meliputi pakaian atau seragam yang dikenakan, model rambut, hingga dandanan wajah. Tak hanya penampilan, seorang awak kabin juga dituntut tampil serasi dalam hal tindak tanduk.

Seperti diungkapkan Pamela Mizzi, Training Specialist, Image & Uniform Emirates, calon awak kabin yang masuk dalam kelas pelatihan maskapai penerbangan Emirates akan dibekali pengetahuan mengenai urusan penampilan, seperti mengenakan seragam yang benar hingga urusan kebugaran.

Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Pamela Mizzi (kiri), pelatih di pusat pelatihan awak kabin Emirates, menunjukan cara berdandan untuk pramugari Emirates.
"Pramugari belajar mengenai make-up hingga menata rambut. Kalau pramugara biasanya ikut belajar mengenai cara perawatan wajah," katanya saat kunjungan KompasTravel ke Emirates Aviation College Crew Training, sekolah pelatihan untuk awak kabin Emirates, di Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (21/11/2016) lalu.

Namun, lanjut Pamela, seorang pramugara di Emirates, tidak diperkenankan mengenakan make-up layaknya pramugari. "Hanya diperkenankan memakai concelaer," katanya.

Pramugara diperkenankan memakai produk pelembab, misalnya pelembab wajah dan bibir.

Selain itu, kata Pamela, pramugara Emirates tidak diperkenankan memiliki jenggot. "Kalau kumis tipis masih boleh," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com