Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogyakarta Promosikan Pantai Selatan

Kompas.com - 02/02/2011, 15:14 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pantai selatan wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) khususnya Kabupaten Gunung Kidul, memiliki panorama indah sehingga layak menjadi referensi bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DIY Tazbir di Yogyakarta, Selasa (1/2/2011) mengatakan, pantai selatan Gunung Kidul, DIY, memang belum fenomenal, namun dari sisi keindahan panorama dan ekowisata, pantai  tersebut layak menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan.

"Di wilayah itu memiliki sejumlah pantai berpasir putih dan lingkungan yang masih asli tentu menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri," katanya.

Menurut Tazbir, dari sepanjang wilayah pantai selatan Gunung Kidul, salah satu di antaranya yang memiliki keindahan adalah Pantai Sundak.

Dibandingkan beberapa pantai lain di kawasan Gunung Kidul maka  Pantai Sundak memiliki kelebihan seperti ombak yang tidak terlalu ganas, juga dataran yang cukup landai dengan pasir putihnya. Untuk menginap di sekitar pantai kini juga tersedia pondok wisata kelas hotel bintang.

"Selain menikmati keindahan panorama pantai, wisatawan yang datang ke pantai Sundak bisa menikmati keindahan alam bawah laut termasuk untuk wisata surfing," katanya.

Tazbir mengatakan panorama pegunungan karst juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Gunung Kidul yang memiliki gugusan pegunungan seribu yang menjulang dan lingkungan yang hijau tentu wisatawan dari luar kota banyak memanfaatkan libur akhir pekan dengan nyaman di kawasan pantai selatan Gunung Kidul ini.

"Untuk datang ke Pantai Sundak dan beberapa pantai di sekitarnya  bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat dengan waktu tempuh antara 3-4 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarrta," kata Tazbir. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com