Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Parpol Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan

Kompas.com - 19/03/2014, 20:04 WIB
TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan kampanye partai politik dan calon legislatif tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke sejumlah obyek wisata di Indonesia.

"Selama pelaksanaan kampanye berlangsung aman dan tertib maka kunjungan wisatawan tidak akan beropengaruh, bahkan saya melihat justru akan ada peningkatan hunian kamar hotel," kata Mari kepada pers di Temanggung, Jateng, Rabu (19/3/2014).

Mari berada di Temanggung untuk mengunjungi potensi wisata desa di Dusun Kelingan, yang menjadikan kearifan lokal sebagai tujuan wisata.

Menurut Mari, sampai saat ini belum ada laporan pembatalan kunjungan ke sejumlah obyek wisata, baik oleh wisatawan nusantara mauapun wisatawan asing.

Indonesia, lanjut Menparekraf, sudah beberapa kali melakukan kampanye dan tentunya sudah belajar banyak mengenai pesta demokrasi tersebut, sehingga pelaksanaan kampanye bisa berjalan baik dan aman.

"Selama ini tidak ada keributan dan aman pelaksanaan kampanye di seluruh daerah, sehingga tidak ada pembatalan dari wisatawan," kata Mari.

SERAMBI/M ANSHAR Penumpang kapal pesiar Calledonian Sky mengunjungi objek wisata PLTD Apung yang hanyut terbawa tsunami 2004 lalu di Gampong Punge Blangcut, Banda Aceh, Minggu (13/10/2013). Sebanyak 88 turis asal Australia dan Inggris tersebut menghabiskan waktu selama empat jam untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kota Banda Aceh sebelum melanjutkan pelayaran ke Pulau Simeulue (Aceh) dan Pulau Nias, Medan.
Adanya kampanye, menurut Mari, justru memberikan nilai positif bagi tingkat hunian kamar hotel, karena akan banyak masyarakat yang bepergian dan menginap di hotel berbintang maupun melati.

Selain itu penggunaan ruang pertemuan di hotel juga akan meningkat dari hari-hari biasanya. "Jadi saya melihat bahwa kegiatan kampanye ini justru memberikan nilai positif bagi sisi kunjungan wisatawan," katanya.

Selain tingkat hunian kamar yang akan meningkat, Menparekraf juga mengatakan bahwa permintaan terhadap wisata kuliner akan meningkat dan bisa menumbuhkan perekonomian daerah.

Mari tetap optimistis jika kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara akan terus membaik selama kampanye dan Pemilu 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com