Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2015, 09:24 WIB
Kontributor Travel, Fira Abdurachman

Penulis

SIEM REAP, KOMPAS.com - "Harus didampingi tour guide baru bisa ketemu pahatan ini," ujar Visat, salah seorang  tour guide atau pramuwisata di kota Siem Reap, Kamboja.

Ya memang, ukurannya kecil. Terpencil juga. Turis harus berjalan di tepian bangunan yang sempit untuk mendekati relief ini.

Sekilas memang sangat mirip hewan purba dinosaurus. Undukan di punggungnya yang berbentuk segitiga membuat para turis menyangka ini adalah pahatan Dinosaurus.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Candi Ta Trhom di Kamboja juga dikenal sebagai Candi Angelina Jolie atau Tomb Raider.
Dari dekat pun masih mirip binatang purbakala yang sudah punah itu. Padahal bangunan megah Angkor Wat dibangun sekitar 1.000 tahun silam.

Benarkah Dinosaurus pernah hidup di tanah Angkor Wat? “Sepertinya sih ini relief binatang babi. Ditambah hiasan sana sini jadi seperti mirip dinosaurus," jelas Visat.

Makanya para pramuwisata lokal tidak pernah menyebut itu adalah relief dinosaurus. Mereka menyebutkan mirip dinosaurus. Sampai sekarang belum ada penjelasan ilmah dan resmi seputar relief mirip Dinosaurus ini.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Relief yang mirip dinosaurus, letaknya terpencil di Angkor Wat, Kamboja.
Letak relief ini terletak tak jauh dari candi Ta Prhom. Candi ini dikenal dengan candi Tomb Raider atau Candi Angelina Jolie. Candi ini adalah tempat pengambilan gambar film Lara Croft: Tomb Raider yang dibintangi Angelina Jolie.

Saking terkenalnya, turis cukup menyebut “Angelina Jolie temple” atau “Tomb Raider”maka semua sopir tuk tuk dan masyarakat lokal di Kamboja tahu tempat ini.

Saat KompasTravel mengunjungi Angkor Wat, candi ini adalah candi yang paling ramai dikunjungi para turis. Terlalu ramai hingga sulit untuk menikmati kemegahan candi ini dengan maksimal.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Candi Pa Trhom di Kamboja yang menjadi lokasi pengambilan gambar film Lara Croft: Tomb Raider.
Keunikan candi  Angelina Jolie adalah hampir semua bangunan candinya ditumbuhi pohon-pohon tua. Bahkan akar dan batang pohonnya melilit bangunan-bangunannya. Pemandangan yang sangat jarang ditemui didunia.

Selamat menjelajah dan berpetualang ala Tomb Raider. Siapa tahu bisa menemukan dinosaurus di sini, Angkor Wat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com