Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alhambra, Sungguh Memesona dan Diburu Pelancong Mancanegara

Kompas.com - 03/12/2015, 08:08 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

GRANADA, KOMPAS.com - Senin (16/11/2015), rombongan peserta famtrip yang diundang Badan Pariwisata Spanyol yang terdiri dari media Indonesia dan Malaysia tiba di kota Malaga.

Di jadwal hari itu tertulis pukul 15.00: Visit Alhambra Palace and City.

Selama ini, sebagian besar peserta famtrip hanya mendengar nama Alhambra adalah bangunan istana peninggalan kejayaan Islam di Spanyol yang sangat indah.

Lokasinya di bukit La Sabica setinggi 150 meter di atas permukaan laut.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Menu santap siang berupa salad dengan salmon ditambah potongan tomat di Hotel Alhambra Palace, Granada, Spanyol, Senin (16/11/2015).
Alhambra yang dalam bahasa Arab, al-hamra berarti "merah" ini merupakan sebuah benteng sekaligus istana yang megah yang didirikan oleh bangsa Moor yang berasal dari Afrika Utara pada tahun 1238-1358.

Istana berwarna merah kalau dilihat dari kejauhan itu membuat kami penasaran untuk segera tiba di sana dan menyaksikannya langsung.

Sebelum berkunjung ke Alhambra, rombongan makan siang dulu di Hotel Alhambra Palace, tak jauh dari Istana Alhambra. Hotel yang beroperasi sejak 1910 ini meniru persis bangunan Istana Alhambra.  

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pemandangan kota Granada, Spanyol, dari Hotel Alhambra Palace, Senin (16/11/2015).
Menu santap siang terdiri dari salad dengan salmon ditambah potongan tomat. Selanjutnya sop. Tak ketinggalan disajikan paella, makanan khas Spanyol yang terdiri dari ayam, siput, asparagus, paprika, dan cumi. Selanjutnya es krim sebagai hidangan penutup.

Yang sangat terkesan saat santap siang di Hotel Alhambra Palace adalah pemandangan siang itu yang sangat menawan. Ketika jendela dibuka, segera mengalir angin sejuk Granada ke dalam ruangan.

Sementara di kejauhan menjulang pegunungan dengan warna putih salju di atasnya. "Itu Sierra Nevada, 27 kilometer dari sini, tempat bermain ski saat musim dingin," kata salah seorang staf hotel.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pintu gerbang Alhambra di Kota Granada, Spanyol, Senin (16/11/2015).
Lengkap sudah, makan siang sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Selanjutnya, acara utama sudah menunggu, mengunjungi Alhambra.

"Kita jalan kaki ke sana, dekat kok. Tinggal menelusuri jalan depan hotel," kata Daniele Grammatico, pemandu wisata rombongan famtrip dengan ramah.

Sebelum memulai perjalanan, Daniele membagi-bagikan alat untuk memudahkan peserta mendengarkan penjelasannya seputar Alhambra. Sambil berjalan santai di bawah pepohonan rindang, Daniele memberikan keterangan keberadaan Istana Alhambra.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Daniele Grammatico, pemandu wisata di Istana Alhambra, Granada, Spanyol, Senin (16/11/2015).
Seperti anak TK, kami pun mengikuti langkah Daniele mendekati Istana Alhambra. "Alhambra memiliki tiga fungsi. Pertama sebagai benteng pertahanan, kedua sebagai istana, dan ketiga sebagai kota kecil," kata Daniele.

Tak sampai 15 menit berjalan kaki, akhirnya kami tiba di depan pintu gerbang Istana Alhambra.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com