Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarik Wisatawan, Cirebon Agendakan Wisata Budaya

Kompas.com - 07/03/2016, 09:11 WIB
CIREBON, KOMPAS.com - Pariwisata Cirebon, Jawa Barat, terus berbenah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara dengan mengagendakan beberapa wisata budaya pada Maret ini.

"Dalam rangka meningkatkan wisatawan mancanegara yang diprogramkan pemerintah, Cirebon terus berbenah diri, untuk bisa mensukseskan program tersebut," kata Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Arief Natadiningrat di Cirebon, Minggu (6/3/2016).

(BACA: Cirebon, Pelarian Baru bagi Warga Jakarta)

Sultan menuturkan, ada beberapa agenda wisata yang diselenggarakan oleh pihak Keraton Kasepuhan bekerja sama dengan pemerintah setempat.

Agenda itu bertemakan "Pesona Cirebon Bulan Maret", yaitu mulai 6 Maret sampai 30 Maret dengan beberapa agenda yang sudah tersusun dalam kalender wisata.

"Kami melakukan promosi dan mengadakan event 'Pesona Cirebon Bulan Maret' dengan beberapa agenda," kata Sultan Arief.

(BACA: Sentra Batik Trusmi Buka Wisata Edukasi)
 
Pada tanggal 6 Maret ada Wisata Religi: "Yuk Kita Zikir dan Bersholawat" di Taman Goa Sunyaragi jam 20.00-22.00 WIB.

KOMPAS.COM/ERVAN HARDOKO Kereta Singa Barong ini dibuat pada 1549 oleh Panembahan Losari dan digunakan semua Sultan Cirebon sejak Sunan Gunung Jati. Di dalam desain kereta kencana ini terdapat akulturasi budaya Islam, Hindu dan China.
Tanggal 12 Maret diagendakan "Gelar Seni Pesanggrahan" di Taman Goa Sunyaragi jam 09.00-13.00 WIB dengan menampilkan tari topeng, tari tayub, sintren dan lain-lain.

Pada tanggal 15-30 Maret diselenggarakan "Budaya Cirebon" tempat di CSB Mall Cirebon yang akan menampilkan kesenian tradisional Cirebon setiap hari Sabtu dan Minggu.

Budaya Cirebon ini juga menggelar pameran kerajinan Cirebon dan menampilkan duplikat kereta Singa Barong.

"Semua agenda tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara," kata Sultan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com