Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Makassar Betah Menghabiskan Akhir Pekan di Hotel

Kompas.com - 02/04/2016, 15:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesatnya perkembangan sebuah kota sangat ditunjang oleh keberadaan sarana akomodasi seperti hotel dan sejenisnya. Sebagai kota yang terus tumbuh dan berkembang di kawasan Indonesia timur, Kota Makassar di Sulawesi Selatan semakin maju dari sisi bisnis.

Selain kota bisnis, kebutuhan orang untuk berwisata juga tumbuh di Makassar. Akibatnya pertumbuhan hotel pun makin terlihat. AccorHotels, operator hotel internasional di kawasan Asia Pasifik dan Indonesia membuka hotel ke-100 dalam jaringan AccorHotels di Indonesia, yaitu Novotel Makassar Grand Shayla City Centre pada Oktober 2015. Ini merupakan hotel bintang 4.

Sebelum Novotel, AccorHotels mengoperasikan dua hotel di Sulawesi Selatan, yaitu ibis budget Makassar Airport dan ibis Makassar City Centre.

Novotel Makassar Grand Shayla City Centre berada di lokasi strategis, Jalan Chairil Anwar yang dikelilingi beberapa kantor dan gedung perusahaan seperti Menara Bosowa, Bank Mandiri, Bank Indonesia, BRI dan Astra Group.

"(Dari hotel) Sangat mudah mencapai Makassar Trade Center (MTC), Lapangan Karebosi, Mal Ratu Indah dengan berjalan kaki. Selain itu hanya 10 menit untuk menuju Pantai Losari, pantai yang sangat terkenal di Makassar," kata Kezia Maureen, sebagai Cluster Marketing and Communication Manager Novotel Makassar Grand Shayla City Centre kepada KompasTravel, Sabtu (2/4/2016).

Arsip Novotel Makassar Grand Shayla City Centre Kamar di Novotel Makassar Grand Shayla City Centre.
Apa destinasi wisata yang dekat hotel ini? Menurut Kezia, ada beberapa obyek wisata sekitar Makassar yang menarik untuk dikunjungi tamu hotel.

Kezia menyebut pegunungan karst Rammang-Rammang, Taman Nasional Bantimurung, Pulau Samalona, Benteng Somba Opu, dan Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang.

"Pantai Samalona begitu bersih. Di Pulau Samalona wisatawan bisa bersantai sambil berjemur atau bermain pasir. Samalona terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Cocok untuk snorkeling dan diving," katanya.

Kadang, lanjut Kezia, wisatawan kapal pesiar saat singgah di Makassar menyempatkan diri makan siang di Novotel Makassar Grand Shayla City Centre. "Mereka wisatawan kapal pesiar asal Jerman dan Belanda sekitar 30-50 orang," katanya.

Kezia memaparkan, tahun ini Novotel Makassar Grand Shayla City Centre mengoperasikan sebanyak 204 kamar dengan tipe Superior, Deluxe, Mini Suite dan Junior Suite. Hotel ini memiliki berbagai fasilitas menarik seperti InBalance Fitness, InBalance Spa, kolam renang dan Kids Corner.

Arsip Novotel Makassar Grand Shayla City Centre Restoran di Novotel Makassar Grand Shayla City Centre.
"Selama bulan ini Novotel Makassar Grand Shayla City Centre memiliki promosi setiap akhir pekan. Seperti harga kamar tipe Superior mulai dari Rp 698.000 net per kamar per malam," kata Kezia. Tarif ini sudah termasuk makan pagi untuk 2 orang, akses ke kolam renang, InBalance Fitness dan Kids Corner.

Hotel ini memiliki 8 ruang pertemuan dengan sistem audio visual modern untuk acara rapat, acara pernikahan, konferensi, pesta atau kegiatan korporasi lainnya. Jika dijadikan ballroom dapat menampung 400-500 tamu.   

Selain itu Novotel Makassar Grand Shayla City Centre memiliki The Square Restaurant, yang menyajikan berbagai menu lokal dan internasional. Tamu hotel juga dapat bersantai di Lounge Bar ditemani cocktail yang menyegarkan atau segelas wine.

"Setiap bulan kami selalu mengadakan promo untuk makanan dan minuman. Contohnya di bulan April ini ialah Grilled Tenderloin and Roast Potato with Mushroom Sauce untuk makanan dan Green Pandan untuk minuman," sambung Kezia.

Yang menarik, tutur Kezia, warga Makassar gemar menghabiskan akhir pekan di hotel termasuk di Novotel Makassar Grand Shayla City Centre.

Arsip Novotel Makassar Grand Shayla City Centre Kolam renang di Novotel Makassar Grand Shayla City Centre.
"Mereka senang menghabiskan waktu di swimming pool. Sementara untuk anak-anak kami menyediakan Kids Corner di mana anak-anak dapat mewarnai, menonton, serta bermain game," kata Kezia.

"Ke depannya, kami akan membuat kegiatan rutin di akhir pekan, seperti cooking class for kids and mom atau kelas yoga untuk ibu-ibu yang menginap di hotel ini," tambah Kezia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com