Jangan Nekat Pesan "Spaghetti Bolognese" Saat di Italia - Kompas.com

Jangan Nekat Pesan "Spaghetti Bolognese" Saat di Italia

Sri Anindiati Nursastri
Kompas.com - 12/11/2016, 13:48 WIB
THINKSTOCK Spaghetti Bolognese

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal spaghetti bolognese, olahan pasta jenis spaghetti dengan saus tomat dicampur daging cincang dan ditaburi keju parmesan. Spaghetti bolognese adalah salah satu jenis hidangan pasta paling favorit di dunia. Di Indonesia pun, spaghetti bolognese menjadi sajian populer di restoran ala Italia.

Padahal, Anda tak akan menemukan spaghetti bolognese di negara asalnya. Hal ini dikemukakan Monica Cesarato, food blogger sekaligus pelaku operator tur berbasis kuliner.

Dalam tulisannya yang dimuat di situs The Local, Rabu (14/9/2016), hal itu dialaminya saat sedang mengunjungi Venesia. Tak sedikit turis yang duduk di kafe dan memesan sepiring spaghetti bolognese. Namun ekspresi mereka seketika berubah saat si pelayan menjawab seadanya.

"Apa maksud Anda, tidak ada Bolognese?" tanya turis tersebut kepada si pelayan, yang akhirnya merekomendasikan mereka untuk mencoba alla ragu.

Ya, Anda tidak akan menemukan spaghetti bolognese Italia meski sudah jauh-jauh mengunjungi Kota Bologna di bagian utara negara tersebut. Lagipula, pelafalan yang benar adalah bolognese alih-alih bolognaise yang juga populer di kalangan masyarakat dunia. 

Ragu alla Bolognese

Di Italia, sajian saus berbahan tomat yang biasa digunakan pada spaghetti bolognese adalah Ragu alla Bolognese. Ragu adalah sebutan untuk saus daging yang biasa dimasak berjam-jam lamanya. Tiap ragu memiliki bahan berbeda-beda, tergantung dari wilayah mana ragu dibuat. Misal, Ragu alla Bolognese sudah tentu menjadi sajian khas Kota Bologna.

THINKSTOCK Ragu alla Bolognese

Di Italia, ragu versi Kota Bologna terdiri dari saus tomat yang disajikan dengan tagliatelle, tortellini atau gnocchi. Tak ada sejarah Ragu alla Bolognese disajikan dengan spaghetti

Tagliatelle adalah pasta yang berasal dari wilayah Emilia-Romagna dan Marche. Pasta ini berbentuk pita pipih yang mirip dengan fettuccine, dengan lebar sekitar 6,5 mm-10 mm. 

Sementara itu, tortellini adalah pasta yang berbentuk cincin. Biasanya tortellini memiliki isian daging atau keju. Gnocchi, yang belakangan ini populer di Indonesia, merupakan pasta kenyal yang dibuat dari tepung, telur, dan kentang.

Oleh karena itu, saat mengunjungi Italia, jangan pernah memesan spaghetti bolognese. Jika memang Anda menginginkan pasta dengan saus tomat dan daging, pilihlah Ragu alla Bolognese. Kemudian, pelayan akan menanyakan jenis pasta apa yang jadi selera Anda.

PenulisSri Anindiati Nursastri
EditorNi Luh Made Pertiwi F
SumberThe Local
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM