Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seru, Bergelinding dalam Bola Besar dari Puncak Bukit

Kompas.com - 15/12/2016, 19:02 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

ROTORUA, KOMPAS.com - Bayangkan berguling dari puncak bukit di lintasan lereng sepanjang 350 meter, dengan kemiringan lereng sekitar 45 derajat.

Jika Anda termasuk gila petualangan, maka berguling dari puncak bukit bisa menjadi nyata di Rotorua, Selandia Baru. Rotarua ibarat "ibu kota" dari segala kegilaan kegiatan petualangan di Selandia Baru.

Salah satu aktivitas ekstrem yang bisa dilakukan adalah naik OGO. OGO merupakan wahana berbentuk bola besar dengan diameter sekitar 3,2 meter. Wahana ini kerap disebut zorbing atau bola bergelinding dari atas bukit. Pengunjung bisa masuk ke dalam bola tersebut dan berada dalam ruangan dengan diameter sekitar 1,8 meter.

Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Keluar dari bola OGO.

Bola ini (tentu bersama orang di dalamnya) digulingkan dari puncak bukit. Terdengar seru? Keseruan bertambah karena di dalam bola besar itu diisi air. Airnya harus hangat, karena pada bulan Desember (yang sebenarnya musim panas) suhu udara berkisar 20 derajat Celsius.

Satu bola bisa memuat sampai tiga orang dewasa. Ini letak keseruannya. Anda bisa berteriak dan tertawa bersama teman saat berguling bersama-sama.

Ada dua trek yang bisa Anda pilih, jalur lurus dan jalur zig-zag. Trek lurus lebih cepat dibanding trek zig-zag. Masing-masing punya tantangan tersendiri. Bola yang bergelinding di trek lurus lebih cepat jatuhnya.

Sementara di trek berkelok atau zig-zag, bola akan bergelinding ke kanan dan kiri. Seperti tengah dilempar-lempar mengikuti alur trek. Trek ini memungkinkan pengendaranya terbawa ke kanan atau kiri bola. Panjang lintasan mencapai 340 meter.

Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Wahana OGO, pengunjung masuk ke dalam bola besar dan digelindingkan dari puncak bukit. Wahana ini ada di Rotorua, Selandia Baru.

"Keduanya punya tantangan sendiri, yang lurus jatuhnya lebih cepat, bolanya bergulir lebih kencang. Yang sidewinder, karena berkelok, jalannya lebih lambat tetapi terlempar ke sisi," kata Sales & Marketing OGO Rotarua Charlotte Brady, kepada KompasTravel, Selasa (13/12/2016).

Harga yang ditawarkan adalah 80 dollar Selandia Baru (sekitar Rp 759.000) untuk dua kali naik OGO di trek yang berbeda. Di sini juga disediakan baju ganti dan handuk, serta sewa action camera. Kelar berbasah-basahan di dalam OGO, Anda bisa hangatkan badan di bak mandi berisi air hangat.

OGO Rotarua berlokasi di 525 Ngongotaha Road, Fairy Springs, Rotorua. Letaknya berdekatan dengan Skyline. Dari pusat kota Rotorua, kira-kira lima menit perjalanan darat naik mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com