Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perayaan Tahun Baru Unik di Dunia

Kompas.com - 31/12/2016, 17:09 WIB

DI seluruh dunia ada kebiasaan-kebiasaan unik yang dilakukan saat merayakan tahun baru. Ini ada serba-serbi unik seputar tahun baru di seluruh dunua. Sudah tahukah Anda?

1. Turki, baju dalam merah

Di Turki, baju wajib untuk merayakan tahun baru adalah baju dalam berwarna merah. Praktik ini sangat terkenal di Turki dan setiap tahun ketika menjelang pergantian tahun, akan dijual begitu banyak baju dalam merah yang laku dengan keras.

2. Venesia, ciuman masal

St. Mark Square di Venesia, Italia, adalah tempat yang sangat terkenal untuk menyaksikan pesta kembang api besar. Tak hanya perayaan kembang apinya yang terkenal, tempat ini juga terkenal sebagai lokasi orang-orang berciuman secara masal.

3. Rumania, tarian beruang

Orang-orang Rumania suka merayakan tahun baru dengan menari-nari dalam kostum beruang. Mereka akan menari dari rumah ke rumah dalam kostum beruang itu untuk membuat roh jahat tidak masuk ke rumah.

4. Inggris, berenang dalam dingin

Lebih dari 1.500 orang Inggris akan menceburkan diri dan berenang dalam air sedingin es yang terletak di Saundersfoot, Wales. Acara ini biasa diadakan untuk amal. Beberapa orang bahkan berkata bahwa ritual ini cocok dilakukan untuk menyadarkan orang-orang yang mabuk saat pesta tahun baru.

5. Chile, tahun baru dengan orang meninggal

Menurut kebiasaan di Talca. Chile bagian tengah, tahun baru sering dirayakan bersama dengan saudara yang sudah emninggal. Biasanya kuburan akan dibuka untuk umum dan orang-orang akan datang lalu duduk-duduk di kuburan untuk merayakan tahun baru dengan keluarga yang telah meninggal. (Lila Nathania/Intisari-online.com/Sumber: Telegraph.co.uk)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com