Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2017, 19:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan telah menjadi destinasi wisata kecantikan di dunia. Namun, selain berbelanja produk kecantikan dan melakukan operasi plastik, seorang beauty junkie yang liburan ke Korea Selatan juga bisa berkunjung ke Story Garden by AmorePacific.

Tempat ini terletak di dalam komplek industri Gajang, Osan, provinsi Gyeonggi Selatan. Story Garden merupakan sebuah ruang khusus yang menceritakan filosofi, bahan-bahan, dan proses pembuatan kosmetik dari perusahaan produk kecantikan terbesar di Korsel, AmorePacific Corporation.

Perusahaan ini merupakan induk dari berbagai label kecantikan seperti Etude House, Sulwhasoo, dan Innisfree.

Tampilan luar gedung penuh dengan bata merah, dan ditandai dengan patung manusia berwarna biru. Sementara itu, interior Story Garden dirancang minimalis dan didominasi dengan warna putih yang melambangkan musim dingin.

Pemandu berbahasa Inggris kemudian akan mengantarkan Anda ke ruangan media di mana sebuah animasi yang menggambarkan kisah awal Sulwhasoo akan diputar.

Namun, sebelum itu pengunjung akan dipinjamkan sebuah tablet dengan aplikasi AmorePacific. Menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat memilih suvenir lipstik AmorePacific yang bisa diberi tulisan personal.

Kisah AmorePacific berawal 72 tahun lalu ketika ibu dari pendiri perusahaan ini, Sul Sung Whan, mencari nafkah dengan membuat dan menjual minyak bunga kamelia yang dimasak di dapurnya.

KOMPAS.COM/SHIERINE WIBAWA Tempat ini terletak di dalam komplek industri Gajang, Osan, provinsi Gyeonggi Selatan.

Sung Whan kecil harus membantu usaha keluarga dengan mengayuh sepeda sejauh 10 kilometer hingga Kaesong, dan menjajakan minyak bunga kamelia buatan ibunya. Dari latar belakang yang sederhana tersebut, Sung Whan terus menerus belajar, berinovasi, dan mengembangkan bisnisnya hingga seperti sekarang.

Walaupun telah sukses, Sung whan tidak pernah melupakan asal mulanya. Menurut dia, akar dari perusahaan ini adalah ibunya. Dia pun menjadikan bunga kamelia sebagai logo perusahaannya.

Setelah mempelajari sejarah AmorePacific Corporations, pengunjung kemudian diantar untuk memasuki sebuah lift menuju ke lantai dua. Lift tersebut dihiasi dengan lampu yang berkedip-kedip selama beroperasi agar terkesan seperti mesin waktu. Jika lantai satu adalah masa lalu, lantai dua adalah masa kini.

Di lantai ini, pengunjung akan melihat produk-produk dari AmorePacific Corporations yang paling ikonik, termasuk dari ABC Pomade dan IOPE Air Cushion yang menjadi pelopor kosmetik bergaya cushion di dunia.

Selain itu, pengunjung juga akan bisa mempelajari manfaat dari bahan-bahan penting dalam kosmetik AmorePacific Corporations yaitu ginseng, kamelia, teh hijau, dan ramuan lima tanaman herbal Korea yang menjadi dasar dari produk-produk Sulwhasoo.

Ruangan ini juga memiliki dua jendela besar yang memperlihatkan sebagian dari proses produksi di dalam pabrik AmorePacific Corporations. Menurut pemandu, sekitar 70 persen dari produk perusahaan tersebut diproduksi di pabrik Osan.

KOMPAS.COM/SHIERINE WIBAWA Perusahaan ini merupakan orang tua dari berbagai label kecantikan seperti Etude House, Sulwhasoo, dan Innisfree.

Selesai melihat-lihat di lantai 2, pemandu akan mengarahkan Anda untuk menuruni tangga dan mempelajari bagaimana komitmen perusahaan ini terhadap konsumer, lingkungan, masyarakat serta nilai-nilai yang mereka anut.

Nah, di ruangan berikutnya Anda akan bisa berpura-pura menjadi model AmorePacific Corporations. Mirip seperti berfoto di photobox, Anda hanya perlu berdiri di depan layar yang menggambil foto, mengikuti arahan yang ditampilkan, dan mengedit foto tersebut di layar editing yang tersedia. Hasil foto dapat diambil bersama dengan lipstik setelah tur berakhir.

Terakhir, Anda akan melihat sebuah video animasi penutup dan diperbolehkan untuk berbelanja cinderamata yang berlogo Story Garden. 

KOMPAS.COM/SHIERINE WIBAWA Anda hanya perlu berdiri di depan layar yang menggambil foto, mengikuti arahan yang ditampilkan, dan mengedit foto tersebut di layar editing yang tersedia. Hasil foto dapat diambil bersama dengan lipstik setelah tur berakhir.

Jika ingin datang ke Story Garden, pengunjung diwajibkan untuk membuat reservasi terlebih dahulu melalui situs resmi www.storygarden.amorepacific.com. Tur tersedia untuk kelompok berisi 10 hingga 20 orang dari hari Senin hingga Jumat pukul 10.00 hingga 15.00 waktu setempat. Selama tur, pengunjung tidak diperbolehkan mengambil foto maupun video.

Untuk mencapai Story Garden dari Seoul, Anda dapat menggunakan transportasi umum dengan naik kereta Line No1 menuju stasiun Sema atau Osan. Dari sini, Anda bisa naik bus nomor 31 dan turun di pemberhentian bus AmorePacific.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com