Pertama di Indonesia, Tanjung Lesung Gelar Rhino Cross Triathlon - Kompas.com

Pertama di Indonesia, Tanjung Lesung Gelar Rhino Cross Triathlon

Kompas.com - 17/06/2017, 23:18 WIB
Silvita Agmasari Pantai Tanjung Lesung

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung di Banten akan menggelar Rhino Cross Triathlon atau Rhino X-Tri.

Ini merupakan ajang kejuaraan nasional cross triathlon pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba berenang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan dan tantangan alam Tanjung Lesung.

Gelaran Rhino X-Tri yang ditargetkan akan diramaikan oleh ratusan peserta dari luar dan dalam negeri ini menjadi bagian dari sebuah perhelatan akbar multi-event Tanjung Lesung Festival yang berlangsung pada 22-24 September 2017.

(BACA: Rindu Mongolia? Kunjungi Pusat Kebudayaan Mongolia di Tanjung Lesung)

Direktur Utama PT Banten West Java (pengelola kawasan Tanjung Lesung), Poernomo Siswoprasetijo mengatakan olahraga merupakan salah satu daya tarik wisatawan mancanegara.

" Rhino Cross Triathlon sebagai ajang off-road triathlon pertama di Indonesia digelar untuk mengundang wisatawan mancanegara dan domestik, khususnya penggemar olah raga triathlon dan berpartispasi sekaligus menikmati bukan hanya keindahan alam Tanjung Lesung, namun juga keramahtamahan khas Banten dan budayanya," kata Poernomo dalam siaran pers, Jumat (16/6/2017).

Menurut Poernomo, kick-off festival akan digelar pada 17 Agustus 2017 di mana akan digelar sebuah percobaan pemecahan rekor nasional Penyelam Termuda Pengibar Bendera Merah Putih di Laut Selat Sunda.

Event Director Rhino X-Tri, Tense Manalu mengemukakan, Rhino X-Tri di Tanjung Lesung akan menjadi peristiwa bersejarah karena pertama kali diselenggarakan di Indonesia.

"Saat ini para penggemar olahraga off-road triathlon tumbuh dengan pesat. Namun untuk mengikuti kompetisi cross triathlon mereka harus pergi ke luar negeri karena belum pernah ada penyelenggaraan kompetisi multisport ini di Indonesia," katanya.

Kawasan Tanjung Lesung, lanjut Tense, menjadi lokasi yang sangat bagus dan menantang karena tersedianya berbagai trek dan lintasan yang diperlukan seperti trek perbukitan, pantai berpasir dan jalan tanah berlumpur.

Ia menambahkan, Rhino X-Tri yang akan digelar pada Minggu, 24 September 2017 akan mempertandingkan tiga kelompok umur yang diikuti oleh perorangan dan regu estafet yaitu Open untuk peserta berumur 20-39 tahun, Master untuk 40 tahun ke atas serta Youth untuk yang berusia 13-19 tahun. (*)

EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X