Mudik lewat Surabaya, 5 Oleh-oleh Khas Kota Pahlawan - Kompas.com

Mudik lewat Surabaya, 5 Oleh-oleh Khas Kota Pahlawan

Silvita Agmasari
Kompas.com - 26/06/2017, 20:40 WIB
Toko Wisata Rasa Toko Wisata Rasa merupakan salah satu toko yang mengeluarkan produk almond crispy paling populer di Surabaya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik melalui Surabaya, ada banyak pilihan untuk dijadikan buah tangan. Kota Pahlawan terkenal dengan hidangan lezat yang memiliki rasa gurih dan pedas. Ada juga camilan manis yang terkenal dari Surabaya. Dirangkum oleh KompasTravel, inilah oleh-oleh khas dari Surabaya:

1. Sambal

Gerai makanan Bu Rudy mempopulerkan sambal bawang udang topeles yang cocok dijadikan oleh-oleh. Seiring perkembangan, tak hanya Bu Rudy yang menyediakan sambal untuk oleh-oleh di Surabaya. Ada banyak merek dan varian rasa tersedia di gerai oleh-oleh.

2. Almond Crispy

Jajanan manis, tekstur garing tipis, dan diberi topping kacang almond ini kian populer di Surabaya. Ada banyak varian rasa almond crispy dari original, cokelat, green tea, dan masih banyak lainnya.

(BACA: Mengenal Sambal Terasi dari Bangka dan Lombok)

(BACA: Semangkuk Nostalgia di Kedai Es Krim Zangrandi Surabaya)

Almond Crispy dijual oleh berbagai merek, salah satu pelopornya adalah merek Wisata Rasa.

3. Petis dan kerupuk udang

Makanan di Surabaya memang terkenal mengggunakan petis. Misalnya rujak cingur dan tahu campur. Petis juga dapat menjadi alternatif oleh-oleh, termasuk kerupuk udang yang dapat dibeli di gerai oleh-oleh.

4. Lapis Surabaya

Terkenal sebagai salah satu jenis bolu, lapis surabaya adalah kombinasi dari bolu rasa original dan cokelat yang disusun vertikal. Salah satu gerai lapis surabaya legendaris adalah Spikoe.

5. Bandeng asap

Bandeng asap adalah olahan makanan khas Sidoarjo, tetapi juga dapat ditemui di Surabaya. Variasi bandeng yang berbeda dari bandeng presto khas Semarang.

PenulisSilvita Agmasari
EditorI Made Asdhiana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM