"Instagrammer" Ini Tertangkap Basah Merekayasa Foto Perjalanannya - Kompas.com

"Instagrammer" Ini Tertangkap Basah Merekayasa Foto Perjalanannya

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 16/07/2017, 12:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang instagrammer dituduh melakukan rekayasa terhadap foto-foto perjalanannya di berbagai destinasi cantik dunia.

Amelia Liana, instagrammer sekaligus blogger terkenal ini rutin mengunggah foto-foto terbaiknya di akun Instagram miliknya yang sudah memiliki 450 ribu pengikut.

Seperti dikutip dari Dailymail, warganet mulai curiga ketika Amelia mengunggah foto pemandangan Kota New York. Dalam postingan tersebut pengikutnya merasa ada yang tidak beres.

Liana menulis foto tersebut diambil di bagian atas Rockerfeller, Manhattan. Dalam fotonya, ia sedang melihat pamandangan kota dari Rockerfeller, tetapi Freedom Tower yang sudah ada sejak empat tahun lalu tak terlihat.

Pengguna Instagram ber"mata elang" memertanyakan mengapa New York Freedom Tower tidak ada dalam gambar.

Desk foto dari Times pun menganalisa foto tersebut. Times menemukan bahwa foto sang blogger ditempel di atas foto pemandangan Kota New York versi lawas.

Seseorang menulis, "Lucu! Itu adalah pra-World Trade Center (WTC)( yang baru) meskipun ... pemandangan kotanya, sangat berbeda sekarang."

Komentar lainnya mengatakan: "Tidak seperti NYC ... dan bayangan Anda di cermin tidak terbalik... hanya disalin dan disisipkan di atas...'

 

What a welcome to NYC ???????? #NewYork #NYC #TopOfTheRock

A post shared by Amelia Liana (@amelialiana) on May 25, 2017 at 9:41am PDT

Di samping gambar yang diunggah pada 25 Mei lalu, Amelia menulis: 'Selamat datang di NYC #TopOfTheRock'

Kejanggalan lainnya juga ditemukan di beberapa konten foto Instagram miliknya. Salah satunya adalah foto saat ia berada di Taj Mahal, India.

Terlihat bayangan tubuhnya hanya berhenti di tepian kolam, tidak tercermin di air. Lalu ada banyak keramaian wisatawan yang dihapus. Rangka pembangunan menara Taj Mahal pun hilang di fotonya.

Pada gambar setelahnya, Amelia mengunggah foto es krim (yang belum meleleh) yang digenggam di jalanan New York. "Bagaimana bisa?! Es krim itu tidak ada di dekat tempatmu 'mengambil gambar' tersebut."

Masih banyak gambar-gambar lainnya milik Amelia yang kontroversial. Warganet menyimpulkan bahwa Amelia gemar menempelkan fotonya di atas foto-foto tempat atau pemandangan lanskap cantik.

Dalam sebuah pernyataan, Amelia mengatakan bahwa dia tidak akan pernah 'menipu' para pengikutnya, dan tidak mungkin dia belum mengunjungi tempat-tempat yang ditunjukkan dalam fotonya. Anda percaya yang mana?

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar