Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2017, 21:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Korea Tourism Organization (KTO) menambah jumlah restoran ramah muslim sebanyak 117 restoran. Kini, ada 252 restoran ramah muslim di Korea Selatan.

"Sistem pengklasifikasian restoran ramah Muslim merupakan proyek yang tengah digalakkan oleh KTO agar wisatawan muslim di Korea dapat menikmati makanan tanpa rasa khawatir," sebut siaran pers KTO yang diterima KompasTravel.

Klasifikasi tersebut terbagi menjadi empat yaitu bersertifikasi halal resmi (halal certified), sertifikasi halal sendiri (self-certified), ramah muslim (muslim friendly), dan bebas babi (pork free).

BACA: Cari Restoran Halal di Korea? Ini Tipsnya...

Restoran bersertifikasi halal resmi adalah restoran yang disertifikasi oleh lembaga sertifikasi eksternal dan hanya menjual menu halal. Restoran bersertifikasi halal adalah restoran yang pemiliknya menyatakan kehalalan menu yang dijual oleh restorannya.

Ramah Muslim adalah restoran yang menjual sebagian menu halal. Sedangan restoran bebas babi adalah restoran yang tidak menggunakan babi dalam bahan makanannya.

Sebanyak 75 persen dari 117 restoran yang akan dikembangkan adalah restoran yang berada di daerah-daerah. Sampai saat ini, restoran yang sudah berpartisipasi adalah 71 restoran biasa dan satu restoran yang merupakan restoran franchise.

Menurut KTO, pada bulan September – Oktober mendatang, KTO akan menyelenggarakan ‘Halal Restaurant Week’ selama dua bulan. Rencananya akan mengundang beberapa koki muslim terkenal untuk membantu mempromosikan restoran-restoran ramah Muslim di Korea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com