Mau Berkeliling Selandia Baru Naik "Campervan"? Ini Tipsnya - Kompas.com

Mau Berkeliling Selandia Baru Naik "Campervan"? Ini Tipsnya

Silvita Agmasari
Kompas.com - 28/07/2017, 20:04 WIB
Area Bungy Jumping di Sungai Waikato, Taupo, Selandia Baru.Kompas.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Area Bungy Jumping di Sungai Waikato, Taupo, Selandia Baru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Campervan adalah salah satu transportasi sekaligus cara favorit menjelajah Selandia Baru.

Menyewa campervan juga bisa memotong bujet penginapan. Kelebihan lainnya, Anda dapat menentukan rute perjalanan dan berhenti sesuka hati. Jadi perjalanan Anda di negara yang terkenal memiliki alam yang cantik ini terbilang lebih santai.

KompasTravel menghimpun tips berwisata di campervan selama di Selandia Baru lewat informasi yang diberikan oleh Tourism New Zealand berikut ini.

1. Persyaratan Surat Izin Mengemudi

Sebelum memutuskan untuk melakukan wisata naik campervan di Selandia Baru, pastikan Anda memiliki SIM yang masih berlaku dan berbahasa Inggris.

SIM berbahasa Inggris dapat diterjemahkan oleh penerjemah yang diberi wewenang oleh NZ Transport Agency, atau perwakilan diplomatik di komisi tinggi, kedutaan atau konsulat, serta lembaga resmi yang mengeluarkan SIM Anda.

2. Memilih kendaraan sewa

Selandia Baru punya banyak perusahaan penyewaan kendaraan. Tersedia kendaraan dengan berbagai tipe, ukuran, fasilitas, dengan pilihan transmisi manual atau otomatis.

Harga sewa campervan sendiri tergantung musim liburan, dan umumnya dihitung per hari. Pastinya, semakin lama menyewa maka harga sewa akan semakin turun. Jika tak ingin repot, beberapa agen wisata di Indonesia dapat mengurus penyewaan campervan selama di Selandia Baru.

3. Taati rambu jalan dan peraturan campervan

Selandia Baru menyediakan tempat kemah khusus alias tempat pemberhentian campervan. Setiap daerah di Selandia Baru memiliki peraturan yang berbeda mengenai lokasi berkemah yang diperbolehkan. Jika tak yakin dengan peraturan yang berlaku, pengemudi campervan dapat diketahui dari i-SITE Visitor Centre setempat.

Uniknya tempat kemah campervan di Selandia Baru tak melulu punya negara, ada juga milik swasta atau perorangan. Lokasi tersebut dapat dilihat di situs holidayparks.co.nz.

4. Bertanggung jawab dengan limbah

Ini juga menjadi aturan penting saat berwisata naik campervan. Selandia Baru sangat ketat perihal sampah serta limbah toilet. Sangat disarankan untuk mempelajari situs camping.org.nz untuk mempelajari lebih lanjut cara dan lokasi membuang sampah serta limbah toilet.

PenulisSilvita Agmasari
EditorSri Anindiati Nursastri
Komentar