Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2017, 06:24 WIB
I Made Asdhiana

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berbenah menyambut ajang Asian Games 2018. Bagi Sumsel ini merupakan kesempatan emas untuk memperkenalkan keindahan Sumsel kepada peserta Asian Games.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga, mengatakan Sumsel belajar dari Asian Games di Incheon, Korea Selatan tahun 2014.

"Incheon sukses memperkenalkan pariwisata di ajang Asian Games. Pada Asian Games 2018 nanti Palembang akan dikunjungi 11.000 orang, seperti atlet dan official dari negara-negara peserta," kata Irene Camelyn Sinaga dalam acara Sosialisasi Promosi Pariwisata Mancanegara yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di Palembang, Senin (21/8/2017).

(BACA: Mendagri: Pempek Palembang Semakin Diminati)

Irene menjelaskan, Palembang sedang mengerjakan Light Rapid Transit (LRT) yang dijadwalkan selesai Januari 2018.

Kapasitas hotel di Palembang saat ini sekitar 6.600 kamar. "Kita butuh homestay," katanya.

Sejumlah pengunjung berfoto di depan layar hitung mundur Asian Games 2018 yang ada di kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (18/8/2017). Pelaksanaan hitung mundur (countdown) pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang tepat dilakukan satu tahun atau 365 hari menjelang perhelatan olah raga terbesar se-Asia tersebut.ANTARA FOTO / NOVA WAHYUDI Sejumlah pengunjung berfoto di depan layar hitung mundur Asian Games 2018 yang ada di kompleks Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (18/8/2017). Pelaksanaan hitung mundur (countdown) pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta dan Palembang tepat dilakukan satu tahun atau 365 hari menjelang perhelatan olah raga terbesar se-Asia tersebut.
Menurut Irene, Sumsel telah menyiapkan berbagai atraksi pariwisata menyambut peserta Asian Games. "Sumsel memiliki kuliner pempek yang sudah terkenal, Pulau Kemaro, Taman Bukit Siguntang, Museum Negeri Balaputera Dewa, Kampung Arab Al Munawar dan Kampung Kapitan," katanya.

(BACA: Kota Palembang, Mengelola Jejak Sejarah di Sungai Musi)

Sementara Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Asia Pasifik Kemenpar, Vinsensius Jemadu mengatakan pihaknya menyiapkan 71 paket wisata untuk menyambut Asian Games yang digelar di Palembang dan Jakarta.

Dia menjelaskan enam paket wisata yang ditawarkan yakni wisata budaya, religi, petualangan, kuliner, olahraga air dan spa.

"Paket ini untuk official, atlet dan supporter. Kalah atau menang mereka tetap butuh wisata," kata Vinsensius.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana, pihaknya bekerja keras untuk meraih target sebanyak 15 juta kunjungan wisman tahun 2017.

Pulau Kemaro di Palembang, Sumatera Selatan.ARSIP KOMPAS TV Pulau Kemaro di Palembang, Sumatera Selatan.
Selain berupaya menarik wisman melalui penerbangan langsung menuju obyek-obyek wisata tanah air, lanjut Pitana, Kemenpar juga berupaya menggencarkan kunjungan wisman di perbatasan.

"Kita gencarkan arus wisman di Kepri, Singapura dan Malaysia. Juga atraksi untuk menarik wisman di perbatasan Kalbar dengan Malaysia serta aktivitas di perbatasan Timor Leste dan Indonesia," kata Pitana.

Untuk kegiatan internasional, tambah Pitana, Kemenpar fokus menggarap Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Sail Sabang 28 November sampai 5 Desember 2017, dan IMF Worldbank Annual Meeting 2018 di Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com