Jenis Baru Cokelat, Warna Pink dengan Rasa Berry - Kompas.com

Jenis Baru Cokelat, Warna Pink dengan Rasa Berry

Muhammad Irzal Adiakurnia
Kompas.com - 12/09/2017, 20:05 WIB
Cokelat ruby yang ditemukan produsen coklat besar asal Swiss ini memiliki warna yang eksotik, serta rasa yang unik, berbeda dari tiga varian cokelat sebelumnya.Rubby Callebaut Cokelat ruby yang ditemukan produsen coklat besar asal Swiss ini memiliki warna yang eksotik, serta rasa yang unik, berbeda dari tiga varian cokelat sebelumnya.

JAKARTA, KOMPAS.COM - Baru-baru ini sebuah perusahaan cokelat besar asal Swiss menemukan formulasi cokelat baru. Sebelumnya hanya ada tiga jenis cokelat yakni dark, milk, dan white. Namun cokelat varian baru ini berwarna pink dan memiliki rasa yang khas.

Perusahaan cokelat tersebut ialah Barry Callebaut, dan varian barunya bernama ruby chocolate. Mereka menemukan varian cokelat baru setelah white chocolate pertama kali dikeluarkan tahun 1930-an oleh Nestle.

Berbeda dengan pendahulunya dark chocolate yang memiliki rasa manis pahit, lalu cokelat putih dan cokelat susu yang amat manis, ruby chocolate hadir dengan sedikit rasa asam buah berry.

BACA: Cokelat Pedas, Asin, sampai Menyegarkan... Berani Coba?

Cokelat ini diberi nama ruby karena menggunakan biji cocoa ruby yang berasal dari Pantai Gading, Ekuador, dan Brasil. Biji cokelat khusus tersebut diolah dengan teknik alami sehingga menghasilkan rasa berry dan kelezatan asam manis yang pas.

Tak hanya rasanya yang khas, warna merah mudanya yang unik juga dihasilkan karena proses alami. Jadi baik rasa dan warnanya berasal dari proses alamiah biji kakao tersebut, tanpa ada tambahan zat di dalamnya.

Cokelat ruby yang ditemukan produsen coklat besar asal Swiss ini memiliki warna yang eksotik, serta rasa yang unik, berbeda dari tiga varian cokelat sebelumnya.Barry Callebaut Cokelat ruby yang ditemukan produsen coklat besar asal Swiss ini memiliki warna yang eksotik, serta rasa yang unik, berbeda dari tiga varian cokelat sebelumnya.
Angus Kennedy, seorang pakar industri mengatakan kepada situs berita The Sun bahwa ini merupakan hal yang berbeda dan terobosan yang cerdas.

"Rasa cokelatnya fruity, menyegarkan, dan memiliki tekstur yang creamy. Anda mungkin tidak menyadari sedang memakan cokelat, karena amat berbeda dari cokelat yang konvensional biasa," ujarnya.

BACA: Pernah Makan Cokelat Rasa Cerutu Kuba?

Ahli cokelat Inggris, Dom Ramsey mengatakan kepada The Independent bahwa dia "sangsi" terhadap klaim jenis cokelat keempat tersebut.

Beberapa tahun yang lalu, perusahaan cokelat Prancis Valrhona meluncurkan white chocolate caramelised yang juga mereka sebut sebagai 'cokelat jenis keempat', dan ternyata itu hanya trik pemasaran mereka.

Keempat jenis cokelat yang kini sudah ditemukan di dunia, yaitu dark cokelat, milk cokelat, white cokelat dan terakhir yang baru dikeluarkan 2017, ialah ruby cokelat. Barry Callebaut Keempat jenis cokelat yang kini sudah ditemukan di dunia, yaitu dark cokelat, milk cokelat, white cokelat dan terakhir yang baru dikeluarkan 2017, ialah ruby cokelat.
Namun menurutnya, walaupun perusahaan Barry Callebaut tidak memberi tahu banyak tentang pembuatan cokelat baru ini, ia mengerti bahwa mereka telah menggunakan kombinasi teknik pengolahan dan varietas cokelat spesifik untuk menghasilkan coklat dengan rasa dan warna yang khas ini.

Peter Bone, Chief Innovation and Quality Officer Barry Callebaut, mengungkapkan optimisme bahwa cokelat ini akan hits dan bisa memenuhi kebutuhan baru konsumen milenial cocoholics dan foodie.

Barry Callebaut merupakan perusahaan yang memiliki cabang di lebih dari 30 negara. Kelahirannya berasal dari dua produsen cokelat asal Belgia yakni Callebaut dan perusahaan Prancis Cacao Barry. Perusahaan ini meerupakan pemasok beberapa merek cokelat terlaris di dunia seperti Mondelez, Hershey dan Magnum.

PenulisMuhammad Irzal Adiakurnia
EditorSri Anindiati Nursastri

Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM